Warga Pugung Tanggamus Gotong-royong Bersihkan Masjid

Penulis:   Komariah | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Warga tampak mengcat bagian masjid. Foto: Komariah

TANGGAMUS, Metasatu.com — Mendekati Bulan Suci Ramadhan, sejumlah warga di Dusun Merabung III Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Lampung bergotong-royong membersihkan masjid dan lingkungan di sekitarnya. Kegiatan dilakukan sebagai bentuk kegembiraan masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan.

Kepala Dusun Merabung III Sumpono, yang juga merupakan imam masjid menuturkan, sudah menjadi kewajiban umat muslim menyambut gembira bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan melakukan kegiatan gotong-royong membersihkan masjid dan lingkungan sekitar.

“Di bulan puasa nanti, masjid adalah tempat yang nantinya akan sering digunakan warga untuk ibadah, kalau tempatnya nyaman dan bersih, ibadah juga akan terasa khusyuk dan nyaman,” ujar Sumpono saat ditemui Metasatu di lokasi masjid, Minggu (20/3/2022).

Sumpono menyebutkan, selain membersihkan masjid, kegiatan gotong-royong juga dilakukan sebagai upaya penyegaran masjid. Karena selain membersihkan lantai ruangan dan halaman masjid, dilakukan juga pengecatan, mengganti warna cat di bagian- bagian tertentu pada badan masjid yang sudah terlihat pudar serta dilakukan pemangkasan tanaman di luar pagar masjid.

Untuk hasil yang maksimal, lanjut Sumpono, dalam proses pengecatan, dipilih beberapa pemuda di dusun ini yang berkompeten di bidangnya.

“Saya tunjuk beberapa pemuda yang sudah ahli dalam hal mengecat, soalnya mereka bisa menentukan perpaduan warna yang cocok” jelas Sumpono.

Sumpono juga menjelaskan bahwa kegiatan penyegaran Masjid At-Taqwa Merabung III ini merupakan swadaya masyarakat, menggunakan uang kas masjid dan iuran bersama pada tahun 2021 lalu. Digunakan tahun ini karena pada tahun lalu kondisi masih pandemi, penggunaan masjid pun belum maksimal.

Untuk konsumsi sendiri, kata Sumpono, kami bentuk beberapa kelompok saja yang kami pilih untuk setiap harinya secara bergilir menyediakannya makan dan snack bagi seluruh warga yang bergotong royong.

“Kegiatan sudah kami mulai sejak hari Kamis, tanggal 3 Maret 2022 lalu, dan insya Allah dua hari lagi sudah siap semuanya,” terangnya.

Sumpono berharap dengan tampilan baru pada Masjid ditambah dengan suasana yang nyaman karena tempat yang bersih, akan menarik perhatian warga untuk lebih giat lagi meramaikan masjid di kampung ini.

“Apalagi kan kita mau kedatangan tamu agung yaitu bulan suci ramadhan, harus kita sambut dengan gembira, karena dalam sebuah hadits dikatakan, barang siapa menyambut gembira bulan suci ramadhan dengan wajah berseri dan hati yang ikhlas, maka akan diharamkan neraka untuknya,” tutup Sumpono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.