Ukraina Sempat Minta Bantuan Persenjataan dari Indonesia

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Ilustrasi tentara Ukraina. Foto: Ist

JAKARTA, Metasatu.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ternyata sempat meminta bantuan persenjataan dari Indonesia untuk menghadapi Rusia. Permintaan tersebut ditolak Presiden Joko Widodo sesuai amanat konstitusi dan prinsip politik luar negeri Indonesia yang melarang pemberian bantuan ke negara lain.

“Namun saya menyatakan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4/2022).

Jokowi juga menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan dalam kapasitan Indonesia sebagai Presidensi G20. Jokowi membeber pembicaraannya per telepon dengan sejumlah pemimpin dunia, termasuk PM Belanda Mark Rutte, Presiden Perancis Emmanuel Macron, dan Presiden Rusia Vadimir Putin.

“Saya juga mengundang Presiden Ukraina untuk hadir dalam KTT G20 di Bali yang adak diadakan di Bali bulan November mendatang. Presiden Putin juga menyatakan kesediannya untuk hadir,” tegas Jokowi.

Pernyataan Jokowi menjadi penegas posisi Indonesia di tengah ancaman boikot yang dilancarkan Amerika Serikat dan sekutu Eropa jika Indonesia tetap mengundang Putin dalam KTT G20. Jokowi menekankan pentingnya perundingan damai untuk mengakhiri perang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.