Turnamen Leng Terbesar dalam Sejarah Permainan Rakyat di Lampung

Penulis:   NEP | Editor:  Naim Emel Prahana
oleh
Insert Andy Robby dengan para peserta Tuirnamen Leng Kalaborasi I 2022. Foto: NEP/Metasatu.com

METRO, Metasatu.com—Banyak sekali permainan yang digandrungi oleh masyarakat. Salah satunya main Leng yang bersaudara dengan main kartu remi. Kenapa permainan yang digandrungi itu, jarang dibat even besar seperti turnamen? Itu, pertanyaan yang ada dibenak para pecinta permainan kartu.

Banyak pihak yang selalu memberi stempel kepada negatif terhadap permainan kartu seperti leng itu. “Selalu dianggap negatif” identik dengan judi. Padahal, permainan kartu Leng merupakan permainan yang bersandar pada olahraga berpikir tentang taktik, strategi atau psywar.

Bermodal kecintaan kepada permainan kartu leng beberapa tokoh di Kelurahan Yosomulyo, Metro Pusat, Kota Metro Lampung setelah usai memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022, menggagas turnamen leng. Di situ ada Andy Roby, SH yang dengan tekun dan ikhlas memberikan dukungan atas gagasan tersebut. Sang Ketua FKPPI Kota Metro yang swastawan itu rela mengeluarkan koceknya untukmembiayai Turnamen Leng Kalaborasi I Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022.

Bukan hanya materi, Andy Roby yang suka tersenyum dan ramah itu sekaligus membiayai pelaksanaan turnamen yang didukung semua pihak di Yosomulyo, seperti Komunitas Peduli Yosomulyo (KopiYos). Bahkan, Andy Roby didukung penuh oleh budayawan Nasional penulis buku-buku Cerita Rakyat, Naim Emel Prahana—kemudian ditunjuk sebagai ketua pelaksana.

Apa yang digagas oleh Andy Robby itu, ketahuan. Ternyata merupakan torehan sejarah lomba leng terbesar di Lampung selama ini. Ya, itu adanya di Yosomulyo—yang di tengah masyarakat luas dikenal dengan sebutan slikur ce atau 21C.

Andy Roby si pencetak sejarah permainan leng dengan mengadakan turnamen terbesar di Lampung, ternyata orangnya biasa aja. Begitu juga isterinya, Ancilla Hernani yang anggota DPRD Kota Metro—juga, suka bermain leng.

Begitu mengasyikkan ngobrol dengan Andy Roby, ternyata Wong Kito (Palembang). Kalau sudah ngobrol wah, nguyonannya singkat, padat dan pasti orang ngakak. Kegilaan Wong Kito itu terhadap permainan kartu, seperti leng katanya sih sudah sejak masih kuliah. Dapat jodoh Ancilla Henrnani, sama-sama gila main kartu leng atau remi.

Gayung bersambut, Wong Kito yang gila leng itu, disambut oleh Verry Sudarto dari KopiYos,juga sebagai wartawan. Maka, Turnamen Leng Kalaborasi I 2022 digelar sejak 21 September 2022 lalu, sesuai jadwal akan berakhir tanggal 1 Oktober 2022 bertepatan hari Kesaktian Pancasila.

Kepada Metasatu.com, Verry Sudarto yang sering dipanggil Verry atau Darto,juga mengakui kegilaan Andy Roby tersebut. “Kegilaan Positif”, lo.

“Bang Robby itu luar biasa, ketika dia bilang ok maka nggak ada kata mundur,” jelas Darto di sela-sela kesibukannya mengelola Destinasi Wisata (Dewi) Amor bersama KopiYosnya, Senin (27/9/2022).

Sementara itu, Andy Roby menanggapi ungkapan Darto mengatakan, “Ah, biasa aja mas Darto itu,” ujarnya kepada Metasatu.com.

Dia (Darto), kata Andy Robby juga penggagas Turnamen Leng Kalaborasi I 2022 yang mendapat antusias masyarakat dengan jumlah peserta terbanyak 757 peserta dari lima wilayah kecamatan di Kota Metro. Lomba leng atau Turnamen Leng Kalaborasi I 2022, hari ini memasuki babak kedua.

“Mudah-mudahan berjalan lancar,” harapa Andy Robby yang sudah menyediakan hadia berupa sepeda motor baru, magic com, kipas angin duduk puluhan unit, sepeda gunung dan doorprize mulai dari kaos, rokok, minuman jahe susu, nasi goreng,mie rebus dan goreng, kopi, teh manis, es jeruk dan banyak lagi. Semuanya sudah tersedia di Dapur KopiYos. (NEP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *