Tunjukkan Kartu Vaksin, Warga Donan Ambil BPNT Tahap Dua di Kantor Pos

Penulis:   Gita Fetty Utami | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Warga antri mengambil BPNT. Foto: Gita FU

CILACAP, metasatu.com — Sebanyak 981 orang warga Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, antri sejak pukul 07.30 – 15.00 guna mengambil Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap kedua sejumlah Rp 600.000, Jumat (4/3/2022), di Kantor Pos, Jalan A. Yani, Cilacap.

Warga yang datang diharuskan menunjukkan kartu undangan penerima BPNT, KK, KTP, dan kartu vaksin kepada petugas. Setelah itu mereka akan diberi nomor urut, untuk selanjutnya duduk menanti giliran menerima BPNT.

Kasi Sosek Kelurahan Donan Marsono yang memantau kehadiran warga mengatakan bahwa setiap kelurahan memiliki jadwal dan lokasi yang berbeda.

“Hari ini jadwalnya Kelurahan Donan. Kami bikin berbeda-beda jamnya supaya tidak tubrukan,” ucapnya kepada Metasatu.

Terkait kebijakan melampirkan kartu vaksin, Marsono beralasan karena vaksinasi di Kelurahan Donan telah dilaksanakan hingga memenuhi target.

“Sementara bagi yang belum memiliki surat vaksin, dilampiri surat keterangan dari dokter atau tenaga kesehatan tentang apa penyebabnya. Mungkin ada riwayat penyakit tertentu,” paparnya.

Sedangkan mengenai kebijakan penggunaan dana BPNT, Marsono menyebutkan bahwa sesuai peraturan Kemensos, maka warga diarahkan agar membeli bahan kebutuhan pokok berupa beras, protein, dan buah.

“Namun untuk pelaksanaannya di lapangan kami tidak tahu. Karena Kelurahan hanya diserahi untuk menyalurkan BPNT dari kantor pos ke warga. Sedangkan untuk pemantauan penggunaan di lapangan nanti ada timnya sendiri dari Dinas Sosial,” tegas Marsono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.