Toko 93, Sebuah Usaha Memajukan UMKM Cilacap

Penulis:   Gita Fetty Utami | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Toko 99. Foto: Gita FU

CILACAP, Metasatu.com — Sebuah toko yang menahbiskan diri sebagai pusat oleh-oleh dan produk UMKM Cilacap, telah mulai beroperasi sejak Selasa (15/3/2022).Toko yang diberi nama Toko 93 ini berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No 12A, Cilacap, berdekatan dengan Pasar Sidadadi.

Menurut Jojo Paijo pemilik usaha kuliner Jajanan Mamake, nama 93 dipilih karena pemrakarsa toko berasal dari teman sesama alumni SMAN 1 Cilacap angkatan 1993. Sedangkan dirinya sebagai UMKM enthusiast, dipercaya mengawal dan mengelola toko.

“Masalah klise pelaku UMKM adalah bisa memproduksi tapi sulit memasarkan. Toko 93 memiliki misi memberi kesempatan kepada pelaku UMKM Cilacap untuk menjual produk, dan ada misi edukasi. Mereka akan langsung belajar pada pasar dengan melihat langsung reaksi konsumen terhadap produk mereka,” ungkap Jojo pada Metasatu, ketika ditemui di dalam toko, Selasa.

Toko 93 pun nantinya akan menyediakan tempat berdiskusi dan berkonsultasi masalah pemasaran produk, dengan menggandeng pihak DPKUKM dan PLUT Cilacap.

“Kami memang ingin menjadi jembatan bagi pelaku UMKM Cilacap dengan Dinas terkait,” harap Jojo.

Total ada 142 jenis produk UMKM akan mengisi toko. Sistem pengelolaan untuk sementara masih bersifat konsinyasi. Namun kelak jika mendapat respon bagus dari konsumen, tidak menutup kemungkinan akan berlaku sistem beli putus antara toko dengan pemilik produk.

“Kami berharap yang kami lakukan akan memotivasi pelaku UMKM lainnya. Sehingga mereka punya banyak kesempatan. Karena produk-produk UMKM Cilacap tidak kalah berkualitas dan cukup mampu bersaing, hanya perlu ada terobosan-terobosan baru,” tandasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.