Tim dari Kapolda Jateng Bakal Selidiki Kebakaran 45 Kapal Nelayan Cilacap

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita Fetty Utami
oleh
Sebagian kapal yang hangus terbakar. Foto: ist/Humas Polda

CILACAP, Metasatu.com – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut kerugian akibat kebakaran kapal di Pelabuhan Wijayapura Kabupaten Cilacap hampir mencapai Rp 130 Miliar. Nominal ini didapat dari jumlah kapal yang terbakar.

“Kerugian akibat kebakaran hampir capai Rp 130 Miliar. Ini karena ada 44 kapal (nelayan) dan satu kapal take boat yang terbakar,” kata Irjen Luthfi saat meninjau langsung lokasi kebakaran, di Cilacap, Rabu (4/5/2022).

Ia menuturkan sementara ini berdasar informasi yang dirangkum, sumber api berasal dari kegiatan salah seorang anak buah kapal di kapalnya. Namun terkait hal ini masih akan didalami.

“Untuk sementara, kita dapatkan adanya percikan api yang dilakukan satu anak buah kapal (ABK) di satu kapal. Akan kita dalami. Ini semua untuk membuat terang perkara terkait kebakaran,” jelasnya.

Untuk menyelidiki kasus ini, dirinya telah memerintahkan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng untuk segera bergerak.

“Labfor sudah saya suruh ke sini. Untuk sumber percikan api akan diselidiki Labfor,” tambahnya.

Di sisi lain ia menambahkan lokasi kebakaran kapal terjadi di empat titik berbeda.

“Hasil penyelidikan sementara kebakaran terjadi di Titik A B C dan D. Begitu terbakar, sejumlah kapal tercerai berai karena adanya pasang surut ombak,” tegasnya.

Turut mendampingi Kapolda Jateng dalam peninjauan itu Dirreskrimum Polda Jateng, Dirreskrumsus Polda Jateng, Dirpolairud Polda Jateng dan lain lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.