Suami-Istri di Wonogiri Tinggal di Hutan Selama 30 Tahun

Penulis:   Katman | Editor:  Sinta Wahyuni
oleh
Suami istri yang tinggal di hutan. Foto: Katman

WONOGIRI, Metasatu.com- Jika manusia biasanya ingin hidup berkelompok, membentuk masyarakat di suatu pemukiman, lain halnya dengan sepasang suami istri warga Dusun Banasan Rt 02/01 Kelurahan Bero Kecamatan Manyaran, Wonogiri. Soyo (66) dan Karsi (50), suami-istri tersebut mengaku telah kurang lebih 30 tahun tinggal di hutan.

Ada alasan mengapa suami-istri tersebut memilih tinggal di sana.

“Awaknya untuk menjaga lahan persawahan kami. Dulu banyak kera liar dari hutan masuk ke ladang,” ujar Soyo, Senin (11/4/2022).

Kera-kera tersebut sering memakan dan merusak tanaman. Padahal sawah tersebut merupakan tempat bercocok tanam sebagai mata pencaharian. Karena jarak tempuh yang jauh dari pemukiman dan tak dapat dijangkau dengan kendaraan, mereka memutuskan untuk membuat rumah saja di sana.

Mereka mengaku betah tinggal menyendiri dengan rumah yang sangat sederhana di atas sebuah bukit. Jarak mereka dengan perkampungan sekitar 3 kilo meter merupakan jalan setapak yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, tak bisa dilalui kendaraan roda dua apalagi roda empat.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka mengandalkan hasil pertanian dan berbelanja ke pasar sebulan sekali. Soyo dan istrinya juga memeiliki ternak kambing dan sapi.

“Yang jadi ancaman itu binatang liar, khususnya ular. Saya sering menangkap ular. Saya pernah menangkap ular Puspa Kajang terus diambil sama orang dari Dinas Pariwisata,” ungkap Soyo,

Meski tidak membaur setiap hari dengan masyarakat, Soyo mengaku tetap menjalin hubungan baik dengan masyarakat Dusun Banasan, jika ada kepentingan di kampung, warga menjemputnya ke kebun. Pemerintah juga memberikan perhatian terhadap kehidupan suami-istri tersebut.

Bahkan Kapolsek Manyaran pernah menginap dan membawakan mereka sembako sebagai oleh-oleh. Meski di atas bukit, namun sumber mata air leluasa dan rumah mereka pun kini dilengkapi dengan genset. Mereka memiliki anak-anak yang sudah dewasa dan masing-masing pergi merantau ke kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.