SMP Al Irsyad Cilacap Peduli Lingkungan

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
SMP Al Irsyad Cilacap. Foto: ist

CILACAP, Metasatu.com — Jika kita berkunjung ke SMP Al Irsyad Cilacap yang beralamat di Jalan Cerme No. 24, Sidanegara, Cilacap, maka akan kita jumpai lingkungan yang nyaman, bersih, rapi, dan hijau. Hal ini ternyata sejalan dengan konsep Sekolah Hijau (Green School).

Konsep green school (penyebutan secara internasional) atau dikenal dengan nama Adiwiyata, adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

SMP Al Irsyad Cilacap sebagai sekolah swasta yang progresif telah menyabet penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional pada Desember 2019. Tak cukup sampai di situ, sekolah ini terus berbenah dan meningkatkan kualifikasinya hingga berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri 2021.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri (AM)  diberikan kepada sekolah-sekolah yang mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka, dan memiliki sekolah-sekolah binaan. Tentunya SMP Al Irsyad Cilacap dinilai memenuhi kriteria tersebut.

Untuk mengulik bagaimana SMP Al Irsyad Cilacap berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri lebih jauh, wartawan metasatu Gita Fetty Utami telah mewawancarai Titi Sudarti, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana.

Berikut petikan wawancara melalui telepon, Selasa (27/6/2022) dan Kamis (29/6/2022):

Sejak kapan SMP Al Irsyad Cilacap menargetkan mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri?

Sejak dinyatakan lolos Adiwiyata Nasional bulan Desember tahun 2019, kemudian tahun selanjutnya 2020 sudah persiapan Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Apa saja persiapannya?

Persiapannya disesuaikan dgn instrumen kriteria sekolah Adiwiyata Mandiri. Isi Instrumen meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.

Bagaimana prosesnya?

Prosesnya cukup panjang kurang lebih hampir 1 tahun dalam melaksanakanya. Tetapi pada saat di tengah persiapan sempat tersendat karena masa pandemi, sehingga waktu penilaian pun mundur. Itu berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Proses pelaksanaannya karena terbagi dalam 3 standar maka tim pengerjaannya pun saya bagi, di antaranya :

Standar 1 Perencanàan. Khusus yg mengerjakan kurikulum, KTSP, EDS, RPP, rencana evaluasi, dan sebagainya.

Standar 2 Pelaksanaan. Itu ada 7 yang harus ada. 1. kebersihan lingkungan, sanitasi; 2. penanaman, pembibitan, dan pemeliharan pohon; 3. konservasi air; 4. konservasi energi; 5. inovasi; 6. Pengelolaan sampah.
Semua harus benar-benar ada di lingkungan sekolah dibuktikan dengan fisik. Dan masing-masing ada kriterianya.

Standar 3 Evaluasi. Evaluasi dilakukan setahun tiga kali.

Apa saja syarat mendapat penghargaan tersebut?

Syaratnya antara lain sudah lolos Adiwiyata Nasional, dan membina minimal 2 sekolah binaan.

Sekolah mana saja yang menjadi binaan SMP Al Irsyad?

Sekolah binaan ada 2, yaitu SD 01 Al Irsyad Cilacap dan SD 02 Al Irsyad Cilacap. CSAM (Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri) membina minimal tiga kali dalam satu tahun, tapi kemarin sekolah kami sampai tujuh kali.

Apakah ada reward berupa uang pembinaan atau sejenisnya?

Tidak Mbak, cuma piala sama piagam. Penyerahan secara resmi waktu itu online oleh KLH (Kementrian Lingkungan Hidup) tanggal 24 Desember 2021.

Piala dan (piagam) penghargaan sampai sekarang masih di DLH Kabupaten Cilacap. Besok rencana tanggal 3 Juli 2022 diserahkan oleh Bapak Bupati.

Berapa sekolah yang lolos untuk tahun 2021?

Ada dua sekolah yang lolos, SMP Al Irsyad dan SMP N 5 Cilacap.
Selama ini peraih penghargaan Adiwiyata Mandiri di Kab. Cilacap baru ada tiga sekolah. Tahun 2019 SMP N 3 Kesugihan Cilacap. Tahun 2021 SMP Islam Al-Irsyad Cilacap dan SMP N 5 Cilacap.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.