Sempat Dibuntuti, Penipu di Margakaya Diciduk di Rest Area

Penulis:   Komariah | Editor:  Komariah
oleh
SN dibekuk Polsek Sukoharjo, Pringsewu. Foto : Humas

PRINGSEWU, Metasatu.com — Satu minggu menghilang tiada kabar, SN (47) pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan kendaraan, warga Pekon Margakaya, Pringsewu, akhirnya berhasil diamankan Polsek Sukoharjo Polres Pringsewu saat sedang berada di rest area Islamic Center Kabupaten Pesawaran. Penangkapan dilakukan berdasarkan laporan korban yang merasa ditipu oleh tersangka SN.

Diketahui, pelaku menggondol mobil korban dengan alih- alih digunakan untuk mencari Pring Pethuk dan menyewakan mobil tersebut untuk menambah penghasilan.

Ketika dikonfirmasi mengenai kronologi penangkapan, Humas Polres Pringsewu Aipda S. Suhud menerangkan bahwa terhadap pelaku telah diketahui keberadaannya oleh petugas sebelum tiba di lokasi rest area Islamic Center di Pesawaran.

“Sebelum tertangkap pelaku sudah dibuntuti petugas dari Pringsewu,” ujar Suhud kepada Metasatu melalui pesan singkat, Kamis (28/4/2022) petang.

Ditambahkan Suhud, saat mengetahui kendaraan tersebut beroperasi di jalan raya Pringsewu, dengan ciri dan nopol yang sama, maka petugas langsung membuntuti.

“Kondisi fisik mobil belum ada perubahan sama sekali, jadi sangat mudah dikenali petugas saat itu,” tambah Suhud menjelaskan.

Terpisah, Kapolsek Sukoharjo Iptu Poltak Pakpahan, mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi menjelaskan, pelaku berhasil diamankan oleh anggota Unit Reskrim Polsek Sukoharjo di bawah pimpinan Kanit Reskrim Ipda Prayugo, pada Kamis (28/4/2022) pagi sekira pukul 06.00 WIB.

“Pelaku diringkus polisi saat sedang beristirahat di area Islamic Center Kabupaten Pesawaran,” jelas Poltak kepada awak media pada Kamis (28/4/2022) siang.

Selain tersangka, lanjut Kapolsek, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit kendaraan Suzuki APV dengan nomor Polisi BE 1841 UA berikut STNK.

Menurut dia, kasus ini bermula dari adanya laporan pengaduan yang dibuat oleh korban, Sutarman (48), warga Pekon Banyumas, mengenai adanya tindak penipuan dan atau penggelapan yang dilakukan oleh tersangka SN pada 20 April lalu.

“Modus pelaku, melakukan sewa rental kendaraan milik korban selama tiga hari, mulai tanggal 16-18 April, namun setelah tanggal yang disepakati, ternyata pelaku tidak mengembalikan kendaraan milik korban,”ungkap Poltak.

Sebelum dilaporkan ke Polisi, kata Kapolsek meneruskan, korban sudah berupaya menghubungi dan melakukan pencarian terhadap tersangka, namun tersangka tidak bisa dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya.

“Atas kejadian penipuan tersebut, korban merasa tertipu dan kehilangan satu unit kendaraan Suzuki APV warna hitam seharga Rp. 60 juta dan kemudian melaporkan kepada pihak kepolisian,” terangnya

Atas dasar laporan pengaduan korban, Polisi langsung melakukan penyelidikan keberadaan pelaku dan barang bukti.

Pelaku akhirnya berhasil ditangkap setelah polisi berhasil mengendus keberadaan pelaku saat sedang beristirahat di area Islamic Center Kabupaten Pesawaran.

“Alasan tersangka tidak mengembalikan kendaraan yang direntalnya tersebut karena sedang digunakan sebagai alat mobilitas untuk mencari Pring Pethuk (benda antik). Selain itu kendaraan tersebut juga sempat disewakan oleh pelaku kepada orang lain senilai Rp.1,2 juta,” tutur Kapolsek

Atas perbuatanya tersebut, tersangka berikut barang bukti dibawa ke Polsek Sukoharjo guna menjalani proses penyidikan lebih lanjut.

“Dalam proses penyidikan pelaku disangkakan telah melanggar Pasal 378 Jo Pasal 372 KUH Pidana dengan ancaman hukuman hingga 4 tahun penjara,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.