Sedekah Ala Warung Barokah

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita Fetty Utami
oleh
Pengelola Warung Barokah membagikan nasi dus. Foto: ist

CILACAP, Metasatu.com — Bulan Ramadan adalah bulan yang amat dinantikan seluruh umat muslim karena keutamaannya. Tak pelak umat muslim berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah lebih dari bulan biasa. Termasuk perkara sedekah.

Di bulan puasa kini lazim ditemui kelompok warga yang membagikan takjil, atau makanan berbuka, secara cuma-cuma. Ada yang membagikan langsung pada para pengguna jalan yang melintasi jalan raya. Ada pula yang menaruh makanan tersebut di atas meja, lalu diberi keterangan takjil gratis bagi siapa saja yang menginginkan.

Namun cara yang dilakukan Warung Barokah yang beralamat di Jl. MT. Haryono, Cilacap Tengah, berbeda. Selama bulan Ramadhan warung makan ini buka  sekira pukul 15.30, khusus untuk membagikan nasi dus gratis bagi masyarakat.

Menurut Yetty Asofie, salah satu pengelola, setiap hari Senin-Sabtu mereka membuat 115 dus nasi kotak. Proses memasak dan mengemas makanan dimulai sejak pukul 1 siang.

“Nanti habis Ashar kita mulai mbagi, Mbak. Biasanya cepet. Jam 4 sudah selesai,” tuturnya pada Metasatu, Selasa (5/4/2022).

Menurut Yetty dari 115 dus tersebut, sebanyak 15 dus nasi disisihkan untuk para penghafal Qur’an di Pondok Anak Yatim Nurul Qur’an Jl. Krakatau, Cilacap.

Lebih lanjut Yetty memaparkan Warung Barokah adalah tempat pertemuan dua pihak. Satu, pihak yang ingin menyalurkan sedekah. Dua, pihak yang menerima sedekah. Karena bersifat sedekah makanan maka manfaatnya lebih luas.

“Orang yang ingin menyalurkan sedekah tidak harus berupa uang. Boleh juga bahan makanan, sembako, sayuran, atau minyak goreng. Nanti semua itu kami olah untuk dimasak dan disalurkan kembali ke masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai pengelola Yetty dan rekan-rekannya ambil bagian sebagai penyedia fasilitas dan tenaga saja. Karena itu ia turut aktif mengajak partisipasi masyarakat terlibat dalam gerakan sedekah tersebut.

“Insyaallah kita semua yang ambil bagian akan sama-sama mendapat pahala,” tutupnya. (*)

 

2 thoughts on “Sedekah Ala Warung Barokah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.