Ritual IKN, Khofifah Bawa Tanah dari Bekas Keraton Majapahit

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Khofifah tiba di Kalimantan Timur. Foto: IG @pemprov_kaltim

SAMARINDA, Metasatu.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).

Khofifah datang untuk menghadiri ritual Kendi Nusantara yang akan digelar Presiden Joko Widodo di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kabupaten Panajam Pasr Utara, Senin besok.

Sebelum Khofifah, sejumlah gubernur sudah tiba di Kaltim termasuk Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Wagub Gorontalo Idris Rahim, Gubernur Jambi Al Haris, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Gubernur Sumsel Herman Deru, Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Khofifah datang membawa air dan tanah dari daerah yang dipimpinnya untuk disatukan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara.

“Kami tanah dari keraton barat dan timur Mojopahit, Kedaton dan Kumitir,” ucap Khofifah usai menerima pengalungan manik oleh KepalaDinas Penanaman Modal dan PTSP Puguh Harjanto.

Sementara air yang dibawa diambil dari tujuh sumber Panguripan, Jalatunda, Brantas hingga kawasan lainnya untuk disatukan dengan air dan tanah dari 33 provinsi di Indonesia.

“Ini penting, sebab kata Nusantara ada dalam Sumpah Palapa yang diikrarkan Patih Gajah Mada. Dan pulau-pulau di berbagai provinsi di Indonesia akan tetap terus menyatu di IKN,” ungkap Khofifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.