Muhammadiyah Cilacap Laksanakan Shalat Idul Adha Hari Ini

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
Jamaah shalat idul adha di halaman PN Cilacap. Foto: SA/ist

CILACAP, Metasatu.com — Ribuan warga Muhammadiyah Cilacap pagi tadi melaksanakan shalat Idul Adha di puluhan lokasi yang tersebar di Kabupaten Cilacap. Hal tersebut mereka laksanakan bersandar pada ketetapan PP Muhammadiyah bahwa hari raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Sabtu (9/7/2022).

Metasatu memantau dari salah satu lokasi di wilayah kota yakni di lapangan depan Pengadilan Negeri Cilacap, Jalan LetJen Suprapto No. 64, Tegalreja, Cilacap. Terlihat ratusan warga memenuhi areal lapangan yang cukup luas tersebut.

Berdasarkan informasi yang metasatu peroleh, bertindak selaku imam dan khatib yaitu H. M. Sobirin, S. Pd.I. Shalat dimulai sekira pukul 6.30 WIB.

Sebelum memulai shalat imam membacakan sambutan dari Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, yang berisi doa dan harapan baik kepada seluruh masyarakat Cilacap serta ucapan pamit karena sebentar lagi berakhir masa jabatannya.

Ketika ditemui usai shalat Id, Wakil Ketua PD Muhammadiyah Cilacap Hamidan Mazdji mengungkapkan rasa syukurnya pelaksanaan shalat berjalan baik.

Menurut Hamidan ada sekira 60-100 lokasi shalat Idul Adha, yang diorganisir oleh PCM dan PRM Muhammadiyah Cilacap. Sedangkan jumlah hewan kurban yang akan disembelih belum diketahui secara pasti olehnya.

“Kurban yang disembelih oleh warga Muhammadiyah sedang kami monitor. Insya Allah kurang lebih dari setiap PCM ada 15-20 sapi,” tegasnya pada wartawan.

Sedangkan Kuwatman salah seorang panitia mengaku jamaah yang datang membludak.

“Ini di luar perkiraan. Tempat parkirnya sampai nggak cukup dan terpaksa ke pinggir jalan. Tadinya kami pikir lahan parkir sudah cukup di SMP Muhammadiyah saja,” katanya pada wartawan, sambil menunjuk ke seberang Pengadilan Negeri.

Salah seorang jamaah, Ibu Mahmud (56) warga RW 18 Donan, mengatakan rasa bahagianya bisa menjalankan shalat Idul Adha tahun ini.

“Dan alhamdulillah nggak hujan, walaupun ini agak mendung,” ucapnya pada metasatu.

Lokasi Shalat Idul Adha di Cilacap Tengah

Berdasarkan informasi yang Metasatu terima, ada 7 lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha yang dikoordinir PCM Cilacap Tengah, yaitu :

1. Masjid Al Muslimun, Jalan Slamet, Kelurahan Sidanegara.
Bertindak sebagai khatib dan imam Sumarso S. Pd.I
2. Masjid Al Fatah, Jalan MH
Thamrin, Kelurahan Lomanis.
Khatib Endro Susanto, sedangkan
Imam H. Hermanto
3. Masjid Al Ikhsan, Jalan Kali Donan, Kelurahan Donan. Imam dan khatib ustadz Aan Subkhan S.Pd.I
4. Masjid Al Ikhlas Jalan Dr. Sutomo, di Lapangan Jati Persada.
Imam dan Khotib Habib Ghozali.
5. Masjid Nur Yasiin, Jalan Karimun Jawa. Imam dan khatib Ustadz H. Arif Romadhon, SH. MH.
6. Masjid Al Isra, Jalan Kendeng, Kelurahan Sidanegara. Khatib dan imam Muchlasi Abrar
7. Masjid Darurrahmah, Jalan Putra 2, Kelurahan Sidanegara. khatib dan imam Ust. Siamudin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.