Pulang Liburan, 13 Orang Tewas di Tol Sumo Mojokerto

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Bus Ardiansyah yang mengalami kecelakaan di Tol Sumo. Foto: Ist

MOJOKERTO, Metasatu.com – Pulang dari liburan di Yogyakarta, puluhan wisatawan tewas setelah bus Ardiansyah Nopol S 7322 UW menabrak tiang variable message sign (VMS) di Tol Sumo Mojokerjo, Jawa Timur, Senin (16/5/2022) sekira pukul 06.00 WIB. Kecelakaan tunggal itu diduga akibat sopir mengantuk,

Bus Ardiansyah yang dikemudikan Ade Firmansyah diketahui mengangkut sekitar 25 orang yang akan kembali ke Surabaya setelah liburan di Yogyakarta. Sampai di KM 712.400A Tol Sumo, bus tiba-tiba oleng ke kiri sehingga menabrak tiang VMS di kiri jalan tol.

Data sementara dari kepolisian, kecelakaan ini mengakibatkan 13 orang tewas. Kebanyakan meninggal di lokasi kecelakaan, sementara lainnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kasat PJR Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi di Kilometer 712+400 jalur A Tol Sumo arah Surabaya.

“Informasi awal 13 meninggal dunia, 12 luka berat,” ujar Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi kepada wartawan. Sumrahadi menambahkan, bus melaju di sisi kiri dengan kecepatan sedang.

Berdasarkan hasil pengecekan awal di lokasi kecelakaan, bus Ardiansyah tidak mengalami pecah ban. Sehingga penyebab kecelakaan tunggal ini mengarah kepada faktor kelalaian sopir.

“Ada ban yang lepas tapi tak ada yang meletus. Lepasnya mungkin setelah hantaman. Kemungkinan besar ya mengantuk. Tetapi nanti, kan, ada pemeriksaan lagi,” terang Sumrahadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.