PSI dan 8 Parpol Ini Terancam Gagal Ikut Pemilu 2024

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Ilustrasi bendera PSI. Foto: Ist

JAKARTA, Metasatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemukan banyaknya keanggotaan ganda pada sejumlah partai. KPU pun memberikan tenggat waktu hingga 23 November  2022 agar hal itu diperbaiki.

Saat ini ada 9 partai yang  gagal lolos seleksi faktual dan masih berstatus belum memenuhi syarat (BMS). Salah satunya adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), partai yang pada Pemilu 2019 gagal lolos ke Senayan.

Selain PSI, partai lainnya adalah Partai Ummat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Perindo, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda dan Partai Buruh.

“Ke-9 parpol yang diverifikasi faktual tersebut berstatus BMS (Belum Memenuhi Syarat),” kata Komisioner KPU Idham Holik, kemarin.

Idham menyampaikan pihaknya memberi kesempatan perbaikan kepada partai-partai itu. Masa perbaikan berlangsung pada 10-23 November 2022.

“Disilakan memperbaiki persyaratan kepengurusan dan keanggotaan berdasarkan hasil verifikasi faktual,” ucap Idham.

Sebelumnya, KPU menetapkan 18 partai politik lolos verifikasi administrasi pendaftaran peserta Pemilu 2024. Sembilan partai di antaranya adalah partai yang duduk di DPR RI sehingga tak perlu verifikasi faktual.

Ke-9 partai politik yang sudah duduk di parlemen sudah dipastikan lolos pemilu adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat , Partai NasDem, PKS, PAN dan PPP.

Penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Desember mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *