Polri Gelar Nusantara Gemilang Jelang Hari Bhayangkara

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
Peserta workshop Nusantara Gemilang. Foto: humas/ist

 

JAKARTA, Metasatu.com — Polri menggelar kegiatan Nusantara Gemilang dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022 mendatang.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, dalam acara ini digelar perlombaan pentas seni budaya yang multikultural sebagai ajang membangun kebersamaan, keberbauran dan keakraban.

“Untuk menunjukan kebersamaan, keberbauran dan keakraban ini kepada masyarakat Indonesia dan dunia,” kata Dedi dalam jumpa pers, Rabu (22/6/2022).

Menurut Dedi kegiatan ini bermakna, lahirnya sebuah paduan kebersamaan dengan saling menghormati dan menyayangi, serta menyelaraskan segala macam keberagaman lingkungan sosial budaya.

“Kehidupan masyarakat Indonsia yang berasal dari beragam latar belakang suku, budaya, agama, tradisi, pendidikan, ekonomi merupakan kodrat yang harus diterima oleh bangsa Indonesia,” ujar Dedi.

Pada hal ini menekankan kepada karya dan kreatifitas yang berbasis seni dan budaya Indonesia yang menjadi ciri khas daerah masing-masing, seperti tarian nusantara, grup vocal atau grup musik nusantara, performing art Nusantara, dan unsur kreatifitas lain yang menarik, lalu dibawakan ke atas
panggung.

Dedi menuturkan, setelah melakukan seleksi tiap wilayah 16 tim terpilih diterbangkan ke Jakarta untuk melakukan proses karantina, atau pembekalan persiapan menuju Semi Final & Grand Final.

Kemudian dilakukan pembekalan/workshop pelajaran etika, olah tubuh, olah vokal, olah gerak, manajemen seni pertunjukan dan sebagainya. Dari hasil workshop tersebut akan digarap langsung oleh Denny Malik sebagai Creative Director untuk perform malam Grand Final (Kolaborasi Karya 30 Menit).

“Pada saat malam Semi Final & Grand Final peserta diharapkan membawa garapan kreatifitas yang baru selain proses seleksi wilayah, ditampilkan selama 3 sampai 5 menit instrumen musik dan pakaian dianjurkan untuk menunjukkan unsur keindahan dan kebudayaan tanpa menghilangkan asas kesopanan. Seluruh peserta wajib mengikuti seluruh rangkaianbacara dari kegiatan Nusantara Gemilang,” papar Dedi.

Selama karantina peserta akan dinilai prosesnya, nantinya akan ada juara tambahan untuk perorangan dalam
etika dan kepribadian, atau Juara Terbaik Peserta untuk Persahabatan dan Kepribadian.

“Kreasi 16 Tim Terpilih akan diunggah di channel youtube untuk bisa disubscript dan dilike oleh
masyarakat, keluarga, kerabat, teman, penggemar peserta,” tutup Dedi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.