Penghargaan Untuk Warti, Kartini Purbalingga yang Berprestasi

Penulis:   Penulis : Prajna Buntarti | Editor:  Editor : Prajna Buntarti
oleh
Warti saat menerima penghargaan. Foto: Humas Pemda

PURBALINGGA, Metasatu.com-Warti (38) pegiat Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Sekar Abadi Siwarak Kecamatan Karangreja meraih penghargaan dalam rangka peringatan Hari Kartini ke 144 Tahun 2022 sebagai Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Pertanian. Penghargaan berdasarkan Surat Dirjen Otonomi Daerah Nomor 002.6/2767/OTDA tertanggal 18 April 2022. Penghargaan berasal dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM), yang penyerahannya dilakukan di pendopo drh. Soepardi Kota Mungkid Kabupaten Magelang, Kamis (21/04/2022).

Wakil Bupati Sudono S.T., M.T. bersama ketua TP PKK Purbalingga Ny. Rusminem dan kepala Dinpertan Purbalingga Mukodam S.Pt. turut hadir dan menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut.

Warti bersama ibu-ibu kelompok Wanita tani (KWT) Berkah Sekar Abadi didukung sejumlah OPD terkait mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) dengan nama Pinarak Farm. P4S ini sudah diakui sebagai Lembaga pelatihan pertanian oleh Kementan RI untuk menyelenggarakan pelatihan dan magang secara swadaya.

Melalui Pinarak Farm inilah Warti beserta ibu-ibu di Desa Siwarak Karangreja banyak menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pemagangan dengan peserta para siswa SMP, SMA, Mahasiswa dan masyarakat umum.

Wabup Sudono didampingi Kepala Dinpertan Mukodam mengatakan, bersyukur salah satu penerima penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi ini berasal dari Kabupaten Purbalingga. Pemerintah Kabupaten Purbalingga selalu mendukung upaya kaum perempuan untuk turut serta berpartisipasi dalam setiap program pembangunan di segala bidang termasuk bidang pertanian.

Dukungan pemkab dapat dilihat dalam APBD 2022, dimana pemkab melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) mengalokasikan anggaran untuk pengembangan KWT berupa Program Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pekarangan Pangan Lestari bagi KWT per paket senilai Rp. 50 juta. Sedangkan Dinas Pertanian memberikan bantuan berupa bibit sayuran (cabe, terong, tomat) dan juga program bantuan stimulan.

“Ada program bantuan stimulan (hibah bantuan modal usaha) yang dapat diakses oleh KWT dengan besar anggaran di Tahun 2022 ini mencapai Rp. 600 juta. Termasuk program pelatihan budidaya pertanian dan olahan hasil pertanian dan peternakan. Ini juga dapat diakses oleh KWT.” jelasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.