Pembangunan Gedung BPPKAD Cilacap sebagai Pilot Project

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
Gambar rencana gedung Baru BPPKAD. Foto: GFU

CILACAP, Metasatu.com — Proyek rehabilitasi gedung kantor BPPKAD Kabupaten Cilacap di Jalan Jendral Sudirman, Cilacap, telah mulai berjalan sejak pertengahan bulan Juni lalu. Proyek yang memakai dana APBD Kabupaten Cilacap TA 2022 sebesar Rp 14.391.980.000 ini pengerjaannya dipercayakan pada CV Putra Perintis, dan diproyeksikan rampung bulan Desember 2022.

Untuk diketahui bersama, sebelum pengerjaan gedung lama BPPKAD dirobohkan terlebih dahulu. Kemudian dari gambar bangunan yang di pintu masuk lokasi proyek, masyarakat bisa melihat desain bangunan megah 2 lantai.

Metasatu mencoba mengulik informasi seputar pelaksanaan pembangunan gedung BPPKAD, kepada Agus Susanto Kabid Tata Bangunan PUPR.

Agus menyatakan bahwa pembangunan gedung BPPKAD yang baru lebih mengedepankan pada fungsi pelayanan.

“Prinsipnya untuk pelayanan masyarakat. Karena dengan jumlah personel yang banyak, gedung lama tidak memadai lagi. Karena (gedung) itu untuk pelayanan maka kita mengedepankan kenyamanan, keamanan, dan lain-lain,” katanya pada Metasatu yang menemuinya di kantor, Senin (4/7/2022).

Agus juga menyebutkan bahwa aturan pembangunan gedung terbaru mensyaratkan keadilan akses baik bagi orang sehat maupun bagi penyandang disabilitas, serta ruang yang ramah terhadap ibu dan anak.

“Maka kita siapkan perencanaan yang betul-betul. Kita sesuaikan dengan PP No 16 tahun 2021. Apalagi nantinya di gedung baru akan mencakup pelayanan pajak, perizinan, ATM. Sehingga poinnya kenyamanan pada struktur dan fungsinya,” imbuhnya.

Menurut Agus banyak hal yang dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Cilacap, dalam hal ini melalui Dinas PUPR mencakup segi teknis dan non teknis.

Termasuk dalam hal memilih pelaksana proyek, Agus menegaskan yang ditunjuk adalah yang betul-betul mampu dan profesional.

“Kita pelayan masyarakat, tidak ingin menghambat atau mempersulit pihak yang kita layani. Demikian juga memilih pelaksana, ya yang profesional segala-galanya. Apalagi proyek ini punya tingkat kesulitan sendiri. Tata letak bangunan yang ngepas, tidak ada space di kanan, kiri, belakang, maupun depan karena depan langsung jalan raya. Nanti kita siapkan sedemikian rupa,” tegasnya.

Agus menandaskan sekali lagi, selaku pilot project pembangunan gedung BPPKAD yang baru akan sungguh-sungguh fokus pada fungsi pelayanan yang nyaman, aman, dan tertata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.