Pelaku Pembuangan Mayat Bayi di Jiwan Akhirnya Terungkap

Penulis:   Sri Rohmatiah | Editor:  Sri Rohmatiah
oleh
Petugas Polres Kota Madiun memeriksa tersangka pembuangan bayi di Desa Metesih, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, 14 April 2022. Foto Humas Polres Kota Madiun.

MADIUN, Metasatu.com – Setelah dua pekan bekerja keras akhirnya Polres Madiun Kota berhasil menguak pelaku pembuang bayi di saluran irigasi, Dusun Gendu Rt.08 Rw.03, Desa Metesih, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam Laporan Polisi Nomor : LP-A/01/IV/2022/SPKT.SATRESKRIM/POLRES MADIUN KOTA/POLDA JATIM, tanggal 4 April 2022.

Setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi meliputi tetangga pelaku, pacar pelaku, saksi ahli serta hasil Visum Et Repertum akhirnya penyidik Satreskrim Polres Madiun Kota melakukan gelar perkara.

Pada hari ini Kamis (14/4/2022), penyidik menetapkan tersangka seorang perempuan berinisial IMS (25) yang beralamat di wilayah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.

Sebelumnya pada tanggal 29 Maret 2022, warga dusun tersebut di atas dikagetkan dengan penemuan mayat bayi. Kemudian petugas melakukan rangkaian penyelidikan hingga diketahui terlapor adalah ibu kandung dari bayi tersebut (inisial IMS).

Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan medis terhadap terlapor yang diduga telah melahirkan dan membuang bayi tersebut. Dari hasil pemeriksaan medis diketahui bahwa terlapor seperti orang habis melahirkan.

Fakta dari hasil VeR mayat bayi, bayi lahir dalam keadaan hidup. Penyebab kematiannya karena kekurangan oksigen akibat benturan benda tumpul pada leher bayi.

Menurut Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono SH, SIK, MH, melalui Kasatreskrim AKP Tatar Hernawan tindak pidana kekerasan terhadap anak yang mengakibatkan mati dan yang dilakukan oleh orang tuanya diancam dengan hukuman 10 penjara.
Hal itu sesuai ketentuan pasal 80 Ayat 4 UURI Nomor 35 TAHUN 2014 tentang Perlidungan Anak atau Pasal 341 KUHPidana.
“Pidana ditambahkan sepertinya dari ketentuan apabila yang melakukan orang tuanya,” terang Tatar kepada awak media.

Sampai kasus ini diturunkan penyidik masih mendalami motif dari pembunuhan bayi yang tak berdosa tersebut.

4 thoughts on “Pelaku Pembuangan Mayat Bayi di Jiwan Akhirnya Terungkap

  1. Sungguh tragis bayi yang mati karena ulah ibunya. Kenapa tega sudah susah payah melahirkan malah di bunuh dan di buang. Kejam nian dikau. Tunggulah hari pembalasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.