Pastikan Kelayakan Hewan Kurban, Babinsa Pandansari Tinjau Ternak Milik Warga

Penulis:   Komariah | Editor:  Komariah
oleh
Babinsa Pandansari Sertu Ambrin saat meninjau hewan ternak milik warga.

LUMAJANG, Metasatu.com — Untuk memastikan hewan kurban sehat dan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Pandansari Pos Koramil 0821/05 Kedungjajang Sertu Ambrin melaksanakan pemantauan hewan qurban milik warga yang akan disembelih di Dusun Tugulasi Desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Minggu (10/7/2022).

Pemeriksaan dilakukan oleh tim kesehatan dari dinas terkait, jika dinyatakan aman dari wabah, maka hewan kurban tersebut diserahkan ke panitia untuk diperlakukan sebagaimana mestinya.

“Tim pada hari ini melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan hewan. Sehingga nantinya hewan ternak warga benar-benar layak diqurbankan,” kata Babinsa.

Dipastikannya, selain ibadah, qurban yang dilaksanakan bisa membawa manfaat di tengah mewabahnya virus PMK saat ini.

“Kata manfaat itu tadi, tentu hewan yang dimaksud benar-benar sehat. Oleh karenanya, sebelum tahapan penyembelihan,” imbuhhya.

Selain itu, dalam pelaksanaan penyembelihan, panitia diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Mekanisme ini diterapkan, dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran wabah PMK itu sendiri, dan memastikan ibadah umat muslim di hari raya Idul Adha ini berjalan dengan aman dan nyaman,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.