ODOJ Cilacap Berinovasi Dekatkan Masyarakat Pada Al-Qur’an

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita Fetty Utami
oleh
salah satu kegiatan ODOJ Cilacap di bulan Ramadhan. Foto: Dok. ODOJ

CILACAP, Metasatu.com — Komunitas One Day One Juz (ODOJ) adalah komunitas yang memiliki visi membudayakan membaca Al-Quran satu juz per hari dan kegiatan lain yang berkaitan dengan interaksi bersama Al-Qur’an. Komunitas yang secara resmi berdiri pada 4 Mei 2014 ini hingga sekarang telah memiliki cabang di seluruh Indonesia, termasuk Cilacap.

Tahun 2021 terbentuk kepengurusan komunitas ODOJ Cilacap, di mana Nenden terpilih sebagai ketuanya. Ia lalu melakukan inovasi program khusus untuk wilayah Cilacap.

“Karena program dari pusat kebanyakan program online yakni satu hari satu juz, satu hari 1/2 juz, satu hari satu lembar, satu hari satu ayat. Maka untuk di Cilacap ada program tambahan, yaitu Rumah Quran yang hingga kini masih dalam proses peluncuran, serta tahfiz online,” jelas Nenden ketika ditemui Metasatu di Alun-alun Cilacap, Jumat lalu (15/4).

Sedangkan spesial selama bulan Ramadhan, ODOJ Cilacap meluncurkan program Ramadhan Fun with Quran. Di mana kegiatan utamanya berupa Ngabuburead Quran, atau ngabuburit sambil baca Al-Quran.

“Ini merupakan program safari Ramadhan kami untuk mengajak masyarakat senang membaca Qur’an dengan cara yang fun,” tandasnya.

Ada 14 titik lokasi yang mereka kunjungi selama safari Ramadhan tersebut mulai dari komunitas, pelajar, masyarakat, mahasiswa, dan anak-anak. Menurut Nenden, masyarakat menanggapi dengan baik kegiatan mereka.

“Karena kan sangat jarang ada program yang mendukung dakwah Quran,” analisa Nenden.

Program Ramadhan Terinovatif

Ia menyebutkan berkat inovasi program selama bulan Ramadhan, ODOJ Cilacap didapuk sebagai cabang ODOJ dengan program terinovatif se-Indonesia. Selain itu, masyarakat yang ingin bergabung dengan ODOJ Cilacap cukup lakukan langkah mudah.

“Follow saja akun IG kami. Nanti di bagian bio ada link pendaftaran. Silakan diisi nanti pendaftar diarahkan ke grup-grup WA yang spesifik sesuai minatnya. Mau sehari satu juz, atau setengah juz, dan seterusnya, ” cetus Nenden.

Nenden mengakui untuk masalah pendanaan ODOJ mengandalkan donasi. Karena itu ODOJ Cilacap membuka rekening donasi dan mengajak masyarakat berpartisipasi mendukung gerakan dakwah Al-Qur’an.

“Sebagai alternatif dari program sosial, bedah rumah, program bisnis, dan sebagainya. Ada kami yang bergerak dalam dakwah mendekatkan masyarakat pada Al-Quran,” ucapnya yakin.

Saat ini sekretariat ODOJ Cilacap masih satu atap dengan Bimbel Entrance, Jalan Indraloka (depan SPBU Damalang), Cilacap.

“Kami mohon doa dan dukungan insya Allah di bulan Syawal kami hadirkan Rumah Quran, yang kelak jadi sekretariat komunitas. Lokasinya masih di perkotaan saja,” tutup Nenden.

Masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang komunitas ODOJ Cilacap bisa meluncur ke akun Instagram mereka, @odoj_cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.