Ngabuburit Sambil Baca Quran Bersama Keluarga

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita Fetty Utami
oleh
Para peserta Dolan Bareng #8. Foto : ist

CILACAP, Metasatu.com — Kebun Belajar Semesta Alam dari Desa Kuripan, Kesugihan, Cilacap kembali menyelenggarakan program eksplorasi bulanan Dolan Bareng #8 bertajuk Ngabuburead Quran, Jumat sore (15/4/2022), di Alun-alun Cilacap.

Kegiatan di bulan Ramadhan ini merupakan kerjasama lintas komunitas antara Kebun Belajar Semesta Alam dengan Sekolah Alam Cilacap, Komunitas ODOJ, dan Bimbel Entrance. Tercatat 47 peserta yang dibagi dalam tiga ketegori jenjang usia yakni A untuk 4-6 tahun, B untuk 7-9 tahun, dan C mulai 10-12 tahun.

Nurul Maemunah pendiri Kebun Belajar Semesta Alam menyatakan bahwa ini kali pertama komunitasnya menyelenggarakan kegiatan di pusat kota.

“Semua ini bisa terselenggara juga berkat dukungan teman-teman komunitas lain. Semoga adik-adik peserta bisa menikmati bermain bersama kami, demikian juga untuk para Ayah dan Bunda yang mendampingi putra-putrinya,” sambut Nurul di depan para peserta.

Sebelum sesi permainan dimulai, para peserta didampingi orang tua masing-masing diminta membaca Al-Quran atau tilawat selama 15 menit.

Huda dari Komunitas ODOJ (One Day One Juz) Cilacap menyebutkan, kegiatan membaca Al Quran tersebut adalah demi meningkatkan rasa cinta keluarga muslim pada Al Quran.

“Di bulan Ramadan ini program kami antara lain ya ngabuburead, ngabuburit sambil read atau baca Quran di beberapa komunitas di Cilacap. Jadi sambil menunggu waktu berbuka, kami mengajak masyarakat untuk makin cinta tilawat Quran,” ungkap Huda.

Selanjutnya para fasilitator dari Sekolah Alam Cilacap memandu kegiatan permainan. Antara lain peserta diajak membuat mainan gasing sederhana dari kertas kardus, dan benang kasur.

Salah satu peserta bernama Ibrahim (8), siswa kelas 2 SD Al Irsyad 2 Cilacap, terlihat begitu bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan.

“Iya, anak saya memang senang banget ikut kegiatan Dolan Bareng ini. Sama ini berarti sudah 3 kali ikut, Mbak,” tutur Ayah Ibrahim pada Metasatu, di sela permainan.

Antusiasme para peserta membuat waktu tak terasa berlalu cepat. Kegiatan Dolan Bareng #8 ditutup sekira pukul 17.30 WIB.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.