MTL Jenderal Soedirman Jadi Wisata Edukasi di Purbalingga

Penulis:   Prajna Buntarti | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
MTL Jenderal Soedirman. Foto Buntarti

PURBALINGGA, Metasatu.com-Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman berada di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Monumen ini dibangun dengan tujuan mengenang dan menghargai jasa-jasa Jenderal Soedirman.

Monumen berupa duplikat rumah tempat dilahirkannya Jenderal Soedirman, lengkap dengan pendopo, masjid, dan relief perjuangan Jenderal Soedirman.

Monumen yang diresmikan pada tanggal 21 Maret 1979 oleh Wapangab Jenderal Soerono ini mudah dijangkau. Letaknya dekat dengan pusat pemerintahan yaitu kantor Kecamatan Rembang, dan berada dekat dengan jalan raya.

Memasuki area MTL kita disuguhkan dengan pemandangan yang indah, pohon besar yang rindang serta halaman yang luas. Bukan hanya itu, lapak pedagang juga berada di sepanjang sisi jalan menuju monumen, tentu saja kita tidak akan kelaparan saat berkunjung.

Monument biasanya ramai saat akhir pekan atau hari libur, masyarakat memanfaatkannya sebagai wisata keluarga yang murah meriah. Cukup membayar tiket masuk Rp 5 ribu, kita bebas berkeliling di dalam monumen.

Saat memasuki pintu gerbang, kita akan langsung disuguhkan pemandangan asri karena terdapat pohon beringin besar di sisi relief yang menggambarkan perjalanan hidup Jenderal Soedirman. Tepat dibelakangnya adalah rumah tempat lahir yang merupakan bangunan utama.

Dalam rumah joglo berdinding anyaman bambu ini, pengunjung dapat melihat kamar tempat Jenderal Soedirman dilahirkan. Lengkap dengan ayunan bambu yang digunakan untuk menimang. Rumah terdiri dari empat ruangan dengan tiga kamar tidur, di ruang tengah terdapat meja dan kursi duplikat.

Selain itu juga terdapat diorama mini yang menggambarkan perjalanan hidup Soedirman sejak lahir hingga melakukan perang gerilya. Terdapat pula sebuah kamar dengan kelambu berwarna putih.

Selain rumah keahiran Soedirman, juga terdapat aula yang berfungsi sebagai gedung serba guna. Tepat di depannya adalah patung Jenderal Soedirman yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 23 Juni 1990, terdapat pula masjid dan bangunan bekas perpustakaan yang sekarang telah dialihfungsikan.

Halaman yang luas dan dan bersih merupakan tempat bermain yang nyaman bagi anak-anak, juga dapat mengenalkan sejak dini kepada anak tentang sejarah dan pahlawan yang ada di daerahnya.

Selain sebagai tempat wisata, MTL Jenderal Soedirman juga sering digunakan sebagai tempat kegiatan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau oleh Lembaga-lembaga lain. Warga sekitar MTL juga dapat mengais rezeki pada saat ada kegiatan, dan pada hari-hari biasa meski jarang wisatawan yang berkunjung.

“Saya harap keadaan normal kembali, sehingga banyak kegiatan besar lagi di sini. Alhamdulillah saya dapat terus berjualan meski tidak seramai dulu,” ujar Lestari (40) salah satu pedagang di area MTL kepada Metasatu, Minggu (13/3/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.