Metro, Kota dengan Biaya Hidup Tertinggi di Sumatera

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Gapura Kota Metro. Foto: Ist

JAKARTA, Metasatu.com – Kota Metro di Provinis Lampung mencatat rekor sebagai kota dengan biaya hidup tertinggi di Sumatera. Untuk ukuran Indonesia, metro berada di nomor 8.

Metro bukanlah kota terbesar di Lampung yang masih dipegang Bandarlampung. Namun pengeluaran per kapita penduduk Kota berjuluk Bumi Sai Wawai itu jauh di atas kota-kota di Lampung, bahkan kota besar di Sumatera seperti Medan, Riau, dan Palembang.

Berdasarkan survei biaya hidup Badan Pusat Statistik (BPS), total rata-rata pengeluaran per bulan warga di Kota Metro mencapai Rp 3.217.451. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp 12.226.313.

Hal ini menjadikan Metro sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Meski demikian sangat mungkin posisinya telah berubah mengingat survei biaya hidup (SBH) tersebut diadakan tahun 2018. Namun belum ada rujukan terbaru yang dapat digunakan sebagai pembanding.

Lalu kota manakah yang menduduki peringat pertama?

DKI Jakarta menempati posisi pertama dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Hasil SBH menunjukkan, total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Jakarta adalah sebesar Rp 4.446.770.

Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 16.897.727.

Tidak heran kalau biaya hidup di Jakarta juga terbilang mahal. Apalagi Jakarta juga merupakan salah satu kota dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia.

Tempat kedua ditempati Surabaya, kemudian disusul Bekasi, Depok, Semarang, Tangerang, dan Makasar.

Setelah Metro, di bawahnya ada Serang dan Banjarmasin. Dengan demikian Metro menempati posisi kedua sebagai kota termahal di Indonesia di luar Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.