Meriahkan Bersih Dusun Anggota DPRD Wonogiri dan Perangkat Desa Main Kethoprak

Penulis:   Katman | Editor:  Sinta Wahyuni
oleh
Pentas Sanggar Kethoprak Mitra Muda Budaya bersama Anggota DPRD Wonogiri dan Perangkat Desa Joho. (Foto: Katman)

WONOGIRI, Metasatu.com-Tradisi bersih dusun masih dilestarikan oleh sebagian masyarakat Wonogiri sebagai bagian dari kekayaan adat yang dimiliki masyarakat. Seperti di Desa Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri yang memeriahkan tradisi bersih dusun dengan menggelar berbagai pentas kesenian salah satunya adalah pagelaran kethoprak.

 

Ada hal unik dalam pentas kesenian yang dipersembahkan oleh kelompok Sanggar Kethoprak Mitra Muda Budaya, yakni menghadirkan para pejabat dan perangkat desa seperti anggota DPRD Wonogiri Nofri, Kades Joho Samrawi, Kadus Joho Lor Dasino, Kadus Joho Kidul Antoro, serta personel Babinsa untuk ikut serta mengambil peran sebagai tokoh dalam pementasan tersebut.

 

“Bersih dusun merupakan kekayaan budaya daerah yang masih melekat kuat pada masyarakat sehingga kami selaku pemerintah desa mengambil bagian dalam pentas seni Kethoprak ini sebagai upaya untuk mendukung acara sekaligus menjadi jembatan untuk menjalin hubungan hangat antara masyarakat dan perangkat desa. Selain itu juga sebagai upaya memperkenalkan kesenian daerah kepada generasi muda agar budaya ini tidak hilang terlindas zaman.” ujar Kades Joho Samrawi kepada Metasatu, jum’at (1/6/2022).

 

Pagelaran seni kethoprak diiringi irama dari Sanggar Karawitan Ismoyo Laras dan Mlathi Sound System yang dilaksanakan pada kamis malam (30/6/2022) sekira pukul 20.00 hingga selesai disambut antusias oleh masyarakat terbukti penonton membludak untuk menyaksikan para pejabat desa bermain peran di atas pentas. Dengan membawakan cerita bertajuk ‘Babat Bumi Ayu’, para pejabat desa tersebut berbusana adat jawa beskap dan blangkon, tampak luwes memainkan peran masing-masing sehingga penonton terhibur.

 

Acara bersih dusun masih berlangsung di Desa Joho dengan beragam kegiatan seperti pagelaran wayang kulit, campursari, klenengan serta turnamen bola voli, memberikan dampak yang baik bagi UMKM sekitar. Selain itu, para pelaku UMKM seperti Sumber Rejeki Cell dan Wedangan Kakung Mesran turut menjadi sponsor kegiatan yang berlangsung selama 3 hari 3 malam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.