Mengenal Lebih Jauh Vaksin Covid-19 dan Candra Naya

Penulis:   Taufik Hidayat | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Maria dan Ganda. Foto: dokpri

Metasatu.com – Pandemi COVID 19 sudah berlangsung sekitar dua tahun dan tampaknya masih akan lama lagi baru akan berlalu. Sebagian masyarakat juga sudah mulai terbiasa dengan kehidupan new normal seperti menjaga jarak dan memakai masker.

Januari 2022 ini juga ditandai dengan program vaksinasi booster atau suntikan ketiga untuk lansia yang kemudian diikuti dengan kelompok usia lainya.

Akan tetapi golongan masyarakat yang anti dengan kebijakan pemerintah, khususnya vaksinasi juga masih cukup signifikan. Mereka terus bersuara melalui media sosial menuduh jika vaksin hanyalah bisnis atau bahkan dengan sejumlah teori konspirasi yang sering tidak masuk akal sehat.

Untuk lebih memperkaya wawasan kita tentang pandemi Covid-19 dan vaksinasi, Taufik Hidayat dari Metasatu telah mewawancara Ganda dan Maria, dua orang sosok dengan latar belakang pendidikan bidang farmasi yang memiliki pengalaman langsung dengan vaksin.

Apa latar belakang pendidikan Ganda dan Maria?

Ganda/Maria: Kami berdua kebetulan alumni sekolah yang sama yaitu SAA (Sekolah Asisten Apoteker ) Candra Naya yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Sebagai orang yang memiliki latar belakang pendidikan Farmasi, bagaimana pendapat Ganda  Maria tentang vaksin Covid?

Ganda: Vaksin Covid adalah salah satu usaha minimal yang harus dijalankan agar terhindar dari efek fatal bila tertular virus Covid.

Maria: Seperti  vaksin yang  lainnya, tentu sangat  baik untuk mencegah, atau paling tidak meminimalisir apabila kita terjangkit  virus Covid.

Apakah sudah divaksin, bila sudah kapan dan apakah mengalami efek samping setelah divaksin?

Ganda: Saya sudah vaksin pertama dan kedua  Juni dan Juli 2021 serta sama sekali tidak ada efek samping sama sekali.  Tapi saya belum vaksin ketiga.

Maria: Saya sudah divaksin sampai buster. Pertama Maret 2021, kedua  April 2021 dan ketiga Januari 2022. Pertama dan kedua dengan SInovac  tidak ada efek samping sama sekali. Yang ketiga dengan Pfizer ada sedikit pusing dan badan pegal-pegal.

Sekarang ini kita sering membaca di media sosial tentang gerakan anti vaksin atau yang menganggap  bahwa vaksin hanya membuang-buang dana pemerintah,  bagaimana pendapat Anda  dan kiat apa yang harus kita gunakan bila ada teman atau saudara yang memiliki paham ini?

Ganda: Menurut saya itu pendapat yang kurang tepat. Kemungkinan besar ada kelompok yang tidak suka dengan pemerintah dan menggunakan isu vaksin untuk mendiskreditkan pemerintah.

Maria: Sama seperti  pendapat  Ganda. Ini juga anggapan yang salah dan hanya ingin meresahkan masyarakat saja. Sudah terbukti dengan banyaknya penduduk yang divaksin, jumlah penularan Korona menjadi menurun.

Apakah mempunyai pengalaman atau testimoni tentang perlunya vaksin untuk menghadapi Virus korona?

Ganda: Adik saya sekeluarga 5 orang terkena Covid bulan Juli 2021. Semua sudah vaksin 2 kali kecuali adik saya karena menolak divaksin. Akibatnya adik saya mengalami kondisi yang parah dan tidak tertolong hanya dalam tempo 8 hari sejak terpapar.

Maria: Menurut  pengalaman saudara saya   yang terkena Covid setelah divaksin jauh lebih ringan dibanding dengan yang belum divaksin. Kebanyakan yang terkena pun biasanya bisa sembuh dan yang meninggal kebanyakan yang belum divaksin.

Menurut Anda negara mana yang paling baik dan paling buruk dalam menangani Covid?

Ganda: Saya tidak punya data nya. Menurut saya pada akhir nya Indonesia menangani cukup baik

Maria: Saya juga kurang tahu secara rinci. Namun negara Asia Timur seperti Tiongkok tampaknya lebih berhasil menangani Covid dibandingkan negara Barat seperti Amerika. Ini pendapat pribadi saja.

Menurut Anda, hal sederhana apa yang bisa kita lakukan agar tidak terkena Covid, dan seandainya harus terkena tidak mengalami sakit parah dan bisa sembuh?

Ganda: Menurut saya kampanye 3M dan vaksin sudah memadai. Hanya saja saluran-saluran agar masyarakat bisa melepaskan kebosanan harus dikembangkan secara kreatif sehingga masyarakat mampu beraktivitas dengan cara baru tanpa dihinggapi stres atau bosan.

Maria: Menerapkan prokes dan melakukan vaksinasi, apabila sudah terkena harus segera ke rumah sakit atau puskesmas untuk  penanganan yang lebih baik. Sebagai warga yang baik, sebaiknya kita mengikuti anjuran pemerintah.

Menurut Anda, apakah aturan mengenai karantina sudah  tepat dan bisa mencegah masuknya virus Omicron?

Ganda: Karantina sudah memadai hanya saja harus dikontrol baik agar tidak terjadi penyalahgunaan yang diberantasnya seperti sangat sulit.

Maria: Sudah tepat, negara-negara yang menerapkan karantina dengan ketat nyatanya bisa menahan laju perkembangan virus Corona. Contohnya di Hong Kong.

Apakah pandemi ini mempengaruhi perekonomian Anda dan kalau ada kiat atau saran agar kita bisa membuka peluang untuk memperoleh sumber pendapatan baru selama masa Covid?

Ganda: Ada pengaruhnya, meskipun masih bisa disiasati. Kebetulan saat ini belum ada ide yang terbukti efektif untuk dibagikan.

Maria: Tidak ada.

Apa  ada lagi yang ingin disampaikan kepada pembaca?

Ganda: Sekolah kami, Candra Naya memiliki sejarah yang unik. Generasi muda sekarang mungkin banyak yang tidak tahu.  Sekarang bangunan di Jalan Gajah Mada 188  itu seakan-akan tersembunyi di bawah hotel dan apartemen. Bangunan dengan arsitektur Tionghoa itu dulunya adalah tempat tinggal Mayor Tionghoa terakhir di Batavia, Khouw Kim An.

Maria: Oh ya saya tambahkan sedikit. Sekolah kami dikelola oleh Yayasan Candra Naya yang merupakan yayasan sosial nirlaba. Dulunya bernama Sin Ming Hui yang artinya Terang Hati. Walau namanya memiliki nuansa Tionghoa, anggotanya terdiri dari berbagai etnis dan golongan dan tidak berafiliasi kepada partai politik tertentu.

Nah Yayasan ini dulu pernah berjaya dan bahkan berhasil mendirikan Rumah Sakit Sin Ming Hui yang sekarang bernama RS Bumi Waras di Jalan Kyai Tapa. Dulu rumah sakit ini gratis untuk melayani rakyat. Kini Yayasan Candra Naya berlokasi di Jembatan Besi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.