Mengapa Soeharto Tidak Ikut Diculik PKI?

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh

Metasatu.com – Mengapa mayor Jenderal Soeharto tidak diculik, bahkan tidak masuk dalam daftar jenderal-jenderal yang akan diculik oleh PKI padahal saat itu Soeharto memegang jabatan sangat strategis yakni Pangloma Komando Strategis Angkatan Darat alias Pangkostrad. Mengapa PKI tidak memasukan Soeharto ke dalam Dewan Jenderal yang dianggap akan memberontak terhadap Presiden Soekarno?

Sebelum ke sana, ada baiknya kita pahami kembali situasi dan kondisi sebelum meletusnya peristiwa yang kemudian kita kenal dengan nama Gerakan 30 September yang dilakukan oleh PKI atau G30S/PKI.

Pertama isu adanya Dewan Jenderal di tubuh TNI Angkatan Darat. Dewan Jenderal dihembuskan oleh PKI sebagai pihak yang akan mengkudeta Bung Karno.  TNI Angkatan Darat membantah keras isu Dewan Jenderal.

Kedua, wacana Angkatan Kelima yang dimotori PKI. Saat itu PKI menghendaki dibentukannya Angkatan Kelima  yakni organisasi semi militer yang dipersenjatai. Anggotanya petani dan buruh. Angkatan Darat tegas menolak wacana ini karena sudah ada Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Kepolisian. Kehadiran Angkatan Kelima jelas menyalahi konstitusi dan hanya mengundang musuh.

Meski demikian, dalam kesaksian dan catatan sejarah terbukti, impor senjara api dari RRC yang akan diberikan kepada Angkatan Kelima, sudah dilakukan.  Hal ini semakin memicu ketegangan antara TNI Angkatan Darat dengan PKI.

Ketiga, friksi di internal Angkatan Darat. Saat itu diyakini sudah ada sebagian perwira Angkatan Darat yang menjadi pengikut PKI. Bukti adanya konflik di internal Angkatan Darat mengemuka karena pelaku penculikan dan korbannya sama-sama dari Angkatan Darat.

Saksikan ulasan selengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *