Mahasiswa Harus Miliki Rasa Empati

Penulis:   Fredy Suni | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Mahasiswa dan pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Foto: Fredy Suni

Metasatu.com – Dunia pendidikan tidak hanya fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan bagi mahasiswanya. Praktisi pendidikan dan terutama mahasiswanya harus memiliki rasa cinta (sense of love), rasa akan keberadaan (Sense of being), dan rasa empati akan human interest dan rasa memiliki (sense of belonging).

Demikian yang dikatakan oleh Bagus Saputro (20) selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta kepada Metasatu, Kamis (10/3/2022). Berikut wawancara singkatnya.

Apakah Himakom di bawah kepemimpinan baru ini berorientasi pada peristiwa-peristiwa alam, seperti musibah kemanusian, ataukah itu adalah bagian dari aplikasi ilmu pengetahuan secara nyata di lingkungan masyarakat?

Himakom di bawah kepemimpinan baru ini sangat berorientasi kepada peristiwa-peristiwa bencana alam terkhususnyaa musibah yang menimpa saudara kita, Himakom juga mengadakan penggalangan dana dan membantu untuk saudara kita yang tertimpa musibah.

Mengapa Himakom begitu getol membangun chemistry dengan tokoh-tokoh lintas sosial dan politik?

Karena jiwa peduli yang tinggi untuk saling berbagi kepada mayarakat. Kepedulian akan kemanusiaan tidak mengenal sekat agama, ras, suku maupun strata sosial.

Kapan dan dalam kondisi seperti apa Himakom harus terjun ke tengah masyarakat?

Sebenarnya dalam kondisi apapun himakom akan turut berpatisipasi ke tengah masyarakat entah itu dikarenakan peristiwa alam yang menimpa atau hanya sekedar ikut membantu masyarakat sekitar, namun jika sangat diperlukan Himakom akan turut berpatisipasi saat ada musibah yang menimpa saudara kitaa dengan cara membantu sebisa kita.

Dari manakah sumber dana Himakom?

Dana Himakom berasal dari setiap penggalangan dana yang dishare dan dibagikan oleh manusia-manusia dermawan yang turut membantu

Bagaimana perasaan Himakom, setiap kali memberikan donasi kepada korban kemanusiaan?

Perasaan Himakom sangat bahagia karena bisa berbagi dan mengasihi kepada masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan, rasa peduli dan mengasihi sangat tinggi maka dari itu setiap kali ada kegiatan kemanusiaan atau kegiatan sosial lainnya sesegera mungkin harus selalu ikut terjun langsung ke lapangan untuk berbagi

Ada pesan untuk mahasiswa Ilkom Undira?

Pesan dalam kegiatan kemarin, semoga Saya dan Hima Prodi Ilmu Komunikasi 2022 tetap mempertahankan rasa peduli ke siapa pun dan di mana pun.

Apa harapan Himakom ke depan?

Harapan himakom yaitu bisa memajukan dan mensukseskan seluruh kegiatan proker dan terlaksana dengan baik. Himakom Undira bisa meluas di khalayak publik baik internal maupun eksternal

Apakah nanti melebarkan sayap pada liputan-liputan langsung ataukah hanya fokus pada peristiwa-peristiwa kemanusiaan?

Harapan nya yaitu bisa melebarkan sayap kepada liputan karena bisa memajukan Himakom dan dikenal banyak khalayak dengan begitu himakom bisa mendapatkan relasi untuk terus meningkatkan seluruh kegiatan dengan sukses, dari kegiataan kemanusiaan ataupun kegiatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.