Lukisan Karya SBY Dipamerkan di PSLI Surabaya

Penulis:   Sri Rohmatiah | Editor:  Sri Rohmatiah
oleh
Salah satu lukisan SBY pada event PSLI, 2022 di Jatim Expo. Foto dokumen Sri Rohmatiah

SURABAYA.Metasatu.com – Ada yang menarik di Pasar Seni Lukis Indonesia, 2022, pasalnya 7 lukisan dan 12 lukisan printing karya mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut serta dipamerkan.

Ketua Sanggar Merah Putih sebagai ketua penyelenggara PSLI, M. Anis mengatakan, PSLI ke-13 ini diikuti 220 pelukis dan menempati 130 booth. Salah satu pelukisnya sangat istimewa, yakni mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Karya-karya Pak SBY hadir di tengah-tengah karya peserta lainnya, tidak di tempat istimewa, tetapi memang dengan bentuk booth berbeda yang dibangun dan dirancang sendiri oleh tim beliau,”

M Anis pun mengatakan lukisan SBY sebagai daya tarik bagi pengunjung dan tidak sekadar dipamerkan, tetapi dijual.

Staf ahli SBY, Jauhar Arifin yang menghadiri pembukaan PSLI mengatakan, selain berpolitik SBY pun melukis dari hasil jepretan istrinya, Ani Yudhoyono. Misalnya Exlusively printed yang bertema “Raja Rimba”, lukisan aslinya berukuran 215 cm x 140 cm, diubah menjadi printing dengan ukuran 75 cm x 50 cm.

Lukisan-lukisan SBY diselesaikan dalam kurun waktu tahun 2021 hingga 2022 dengan berbagai ukuran dan menggunakan cat akrilik.

“Karya exclusively printed bisa Anda bawa pulang dengan harga bervariasi, mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp7 juta. Nantinya ada sertifikat keaslian dari lukisan ini,” tutur Staf ahli SBY, Jauhar Arifin saat ditemuai Metasatu di lokasi acara Jatim Expo, Surabaya, Jumat, 18/11/2022.

Seperti diketahui PSLI adalah ajang pertemuan para pelukis seluruh Indonesia setiap tahunnya sebagai bentuk memeriahkan HUT Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Untuk tahun 2022, PSLI diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dalam sambutannya, Khofifah sangat mengapresiasi inisiasi ketua Sanggar Merah Putih dan seluruh pelukis yang turut memeriahkan HUT Pemprov Jawa Timur ke-77.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *