Lapor Pak Luhut, Harga Minyak Goreng Curah Masih Jauh di Atas HET

Penulis:   Tim Metasatu | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Minyak goreng curah. Foto: ist/Antara

JAKARTA, Metasatu.com – Penunjukan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai tim pengendali harga minyak goreng belum menampakkan hasil. Harga minyak goreng curah di berbagai daerah masih jauh dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram (kg)

Di Pasar Petojo Enclek Jakarta Pusat, harga minyak goreng curah sebesar Rp 18 ribu per kg. Menurut Nur, dirinya terpaksa menjual harga jauh di atas patokan pemerintah karena kulakannya Rp 17 ribu lebih.

“Aku nggak ambil untung banyak. Memang dari sananya (distributor, red) sudah mahal, Kan subsidinya sudah dicabut,” kata Nur, Selasa (7/6/2022).

Seperti diketahui, setelah sempat memberlakukan larangan ekspor crude palm oil (CPO), bahan dasar minyak goreng sawit, pemerintah kemudian mencabut subsidi minyak goreng curah per 31 Mei 2022 yang berlaku sejak 1 Juni 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menugaskan Luhut untuk mengendalikan harga minyak goreng. Ini merupakan tugas ke-11 yang pernah diberikan Jokowi kepada “menteri segala urusan” tersebut.

Harga di daerah

Sementara harga minyak goreng curah di berbagai daerah juga masih fluktuatif dan berbeda-beda. Namun tidak ada satu pun yang telah sesuai dengan HET Rp 14 ribu per kg.

Di Pasar Bitingan Kudus, harga minyak goreng masih di kisaran Rp 18 ribu per kg. Sedang di Purbalingga, Cilacap dan Lumajang di kisaran Rp 17 ribu per kg.

Darei pantauan Metasatu, harga di tingkat agen di Kawunganten (30 km dari Kota Cilacap) sudah turun di kisaran Rp 15 ribu per kg. Namun dengan alasan ongkos transportasi dan kemasan, pedagang di Kota Cilacap seperti di Pasar Gede dan Pasar Sidodadi. masih menjual dengan harga Rp 17 ribu per kg.

Harga di Wonogiri dan Ngawi sudah mendekati HET yakni di kisaran Rp 15-16 ribu per kg. Hal ini karena pasokan lancar dan pengawasan ketat yang dilakukan pihak kepolisian sesuai instruksi Kapolri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.