Di Kudus Ada Bosnia Jaga Warung Sedekah

Penulis:   Supriyono Tabri | Editor:  Supriyono Tabri
oleh
warga mengantri depan warung sedekah. foto: Supri Tabri

KUDUS. Metasatu.com -Bagi anda warga kota Kudus dan sekitarnya yang melintas di Jalan Sunan Kudus pada saat menjelang waktu berbuka puasa, pasti akan mendapati pemandangan berbeda pada salah depan rumah di kawasan tersebut. Puluhan orang tampak berjajar rapi mengantri pembagian nasi bungkus gratis yang dibagikan oleh seorang pria. Orang tersebut selalu mengingatkan untuk tidak berebut dan mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Ayo jaga jarak, maskernya dipakai ,jangan berebut teriak pria tersebut berulang ulang kepada para Dhuafa maupun Musafir yang tengah menunggu pembagian nasi bungkus gratis yang akan dibagikan,” ujarnya.

Pria tersebut adalah Sasmito Bosnia (56) warga Desa Payaman Kecamatan Mejobo Kudus yang pada bulan Ramadhan ini menjadi penanggung jawab dari Warung Sedekah. Menurut Bosnia, sebenarnya Warung Sedekah adalah kegiatan rutin pembagian nasi bungkus yang diselenggarakan tiap hari Kamis setiap minggunya. Kegiatan tersebut diadakan di tempat yang sama.

“Kegiatan ini sudah berjalan sekitar tujuh tahun, yang biasanya kami selenggarakan setiap Kamis tetapi khusus bulan Ramadhan setiap hari menjelang waktu berbuka puasa,” terang Bosnia

Disinggung mengenai siapa donatur dari kegiatan tersebut, Bosnia menyebut kegiatannya banyak dibantu donatur.

“Banyak sekali donaturnya dan dari hari ke hari selalu bertambah karena mereka melihat kegiatan ini bermanfaat dan nyata,dan yang lebih menggembirakan ada juga donatur yang diluar non muslim,” terang pria yang selalu berpenampilan antik dengan pakaian warna yang sama bertuliskan Bosnia di atas saku kanannya.

Dari pantuan Metasatu, KamisĀ  (7/4/22), tak kurang dari 300 bungkus nasi bungkus dengan lauk sambal goreng tahu dan satu butir telur tersebut ludes dalam waktu sekitar satu jam.

Edi Lukito (52) salah seorang penerima pembagian nasi tersebut disela mengantri menyampaikan rasa syukurnya kepada para donatur yang telah menyelenggarakan acara semacam ini karena menurutnya hal ini sangat membantu dirinya apalagi saat ini kebutuhan kebutuhan pokok hargannya melambung tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.