Koordinator LSM Seroja Prediksi 7 Nama Ini sebagai Kepala OPD Baru

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
Jabatan Kosong. Foto: ist

CILACAP, Metasatu.com – Rumor sudah ditetapkannya calon Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Sekretariat Kabupaten Cilacap, semakin panas. Nama-nama calon Kepala Dinas yang konon sudah ditetapkan sebelum proses seleksi selesai, beredar luas di kalangan pegawai, wartawan dan LSM.

Menurut Koordinator LSM Seroja Ekanto Wahyuning Santoso kemungkinan nama-nama yang beredar sebatas perkiraan atau prediksi.

Sebab, menurut Ekanto, jika jeli dan sering mengamati kehidupan di lingkungan Kabupaten Cilacap maka sebetulnya sudah bisa terbaca perihal figur yang bakal terpilih.

Bahkan Ekanto juga sudah membuat peta tersendiri untuk calon Kepala Dinas di 7 OPD yang sedang diperebutkan.

“Saya mempunyai gambaran khususnya pada bidding ini. Untuk Dinas PUPR saya meyakini Mas Wahyu yang akan lolos seleksi dan dipilih oleh Pak Bupati,” ucapnya pada Metasatu, Senin (6/6/2022).

Sosok yang dimaksud Ekanto tersebut adalah Sekretaris Dinas PUPR Wahyu Ari Pramono, yang sebelumnya menjadi Plt Kepala Dinas PUPR.

Sementara untuk jabatan Kepala DPMPTSP Ekanto mengaku bimbang antara Ferry Adhi Dharma (Sekretaris Dinas P dan K), ataukah Sapta Giri Putra (Sekretaris BPPKAD) yang bakal terpilih.

“Kalau bicara kemampuan kualitas SDM, saya cenderung Mas Giri lebih profesional, lebih komunikatif dengan masyarakat. Saya meyakini itu. Ada isu juga bahwa karena kedekatan dengan seseorang, Mas Ferry yang akan lolos di DPMPTSP. Namun kita lihat saja nanti, akan dipilih berdasar kedekatan atau profesionalisme kerja,” tutur Ekanto.

Kemudian jabatan Kepala Disparbun menurutnya bakal diraih oleh Sekretaris Dinas PSDA Muhammad Taufan. Sebab sosok Taufan diyakini oleh Ekanto sebagai sosok yang tepat.

Selanjutnya Ekanto menilai sosok Sekretaris BKPPD Achmad Nurlaeli memiliki kans terbesar untuk mengisi lowongan Kepala Dinas Perikanan.

“Namun tetap kita lihat, ya karena di situ ada Mas Hari Winarno (Camat Bantarsari) yang juga mempunyai kemampuan SDM, maupun komunikasi yang baik.
(Walaupun) saya masih condong yang akan lolos besok Mas Achmad Nurlaeli,” tandas Ekanto.

Nama Bintang Dwi Cahyono (Camat Cilacap Selatan) dan Iskandar Zulkarnain Siregar (Camat Majenang) menurut Ekanto bakal bersaing ketat untuk posisi Kepala Dispermades.

“Dua-duanya punya kedekatan khusus dengan penguasa, namun profesional juga. Bagaimanapun keduanya memiliki kemampuan luar biasa saat menjadi camat di wilayahnya masing-masing. Kita lihat saja siapa yang akan lolos bidding dan dipilih Pak Bupati,” komentar Ekanto.

Ia menambahkan, lazimnya pada proses bidding setiap Dinas nantinya tidak hanya mengajukan satu nama saja pada Bupati.

“Kalau Disporapar saya melihat, menganalisa, banyak orang yang juga memiliki kemampuan. Namun saya condong Mas Paiman (Sekretaris Disporapar) yang akan menduduki dinas ini. Sebab Mas Paiman punya kedekatan dengan seseorang yang tidak perlu disampaikan namanya. Saya meyakini 2000% dia akan jadi KaDisporapar,” lanjut Ekanto.

Plt Kepala Disperkimta saat ini yakni Bambang Tujiatno (Sekretaris Disperkimta), diyakini oleh Ekanto sebagai sosok yang tidak ada tandingannya. Meskipun terdapat pula nama Sigit Widayanto (Sekretaris Dinas Pertanian) dalam bidding yang dikenal sebagai figur berkemampuan khusus serta komunikatif.

“Mas Bambang juga secara profesional maupun kedekatan punya nilai tersendiri menurut pandangan saya. Maka saya meyakini 100 % InsyaAllah Mas Bambang yang akan menjadi Kepala Disperkimta Cilacap,” cetus Ekanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.