Komunitas 50+ Terbitkan Buku Inspirasi

Penulis:   Sutiono Gunadi | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Kegiatan bedah buku. Foto: Tangkap layar

JAKARTA, Mtasatu.com – Komunitas 50+ didirikan oleh penggagasnya,Jim Mintarja tahun 2021 saat dunia masih dicekam pandemi. Ada beberapa kegiatan yang disediakan dalam komunitas yang ditujukan bagi warga berusia 50+.

Tujuannya, agar manusia yang sudah dalam usia pensiun menemukan jati dirinya. Bila selama aktif bekerja mendedikasikan waktu, pikiran dan tenaganya untuk pimpinan perusahaan tempatnya bekerja, setelah pensiun dapat menjadi ‘ boss’ bagi dirinya sendiri.

Saat ini kegiatan komunitas 50+ meliputi tulis menulis, fotografi, musik, berkebun, traveling, senam yoga untuk senior, senam untuk senior (taichi), akrab dengan dunia digital dan mengenal investasi.

Kegiatan pada umumnya masih berupa webinar atau online karena warga 50+ dikawatirkan rentan bila harus berkegiatan offline.

Kegiatan tulis menulis yang diawali dengan webinar, akhirnya menyepakati untuk menulis buku dengan genre inspirasi dengan tema kehidupan usia lanjut. Integritas dan senangnya berbagi.

Tidak semua anggota terbiasa menulis, akhirnya terkumpul 33 penulis dari pemula hingga yang sudah biasa menulis. Semua tulisan disunting oleh Jim Mintarja dan Bugi Sumirat. Kuartal pertama 2022 buku setebal 348 halaman (termasuk cover) terbit.

Dalam acara peluncuran dan bedah buku yang digelar secara online, Jumat (13/5/2022), Prof. Dr. Paulus Wirutomo M.Sc yang guru besar Fisip UI menyatakan bahwa terbitnya buku ini adalah bentuk perlawanan positif dari warga senior terhadap dunia. Warga senior yang tidak mau dibilang tua meski secara usia memang sudah lanjut usia, dan kebanyakan hidup berdampingan dengan penyakit, toh mereka tetap dapat berkarya.

Buku Inspirasi ini berjudul ‘Puspa Ragam Kisah Inspiratif Warga 50+”. Buku ditujukan bagiĀ  kaum muda maupun sesama senior sebagai warisan dari warga 50+.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.