Jumlah Kendaraan yang Melintas Meningkat, Pospam Mantingan Pantau Arus Lalulintas

Penulis:   Dian | Editor:  Dian
oleh

 

NGAWI, Metasatu.com – Gelaran Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Semeru 2022 Polres Ngawi” diselenggarakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 28 April 2022 hingga tanggal 9 Mei 2022.

Dalam gelaran tersebut dilaksanakan operasi pemeliharaan keamanan dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1443 H di masa Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman, nyaman dan sehat.

PLT Kasi Humas Polres Ngawi IPTU Supomo mengatakan, personil yang ditugaskan di Pospam Mantingan juga bertugas untuk mencatat jumlah kendaraan yang melintas masuk wilayah Jawa Timur maupun jumlah kendaraan yang keluar dari wilayah Jawa Timur menuju Jawa tengah.

Menurut IPTU Supomo, Pospam Mantingan merupakan salah satu pos pengamanan diwilayah Polres Ngawi yang terletak diperbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang difungsikan untuk memantau dan mengantisipasi dampak yang terjadi dari dinamika mobilitas moda transportasi darat dijalur arteri.

Lebih lanjut, IPTU Supomo menyebut, Polres Ngawi telah menetapkan pendirian 7 Pos pengamanan dan Pos pelayananan dengan tujuan adalah untuk memberikan jaminan rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1443 H, memberikan keamanan dan kelancaran arus mudik dan arus balik, dan terhindarnya masyarakat dari pandemi Covid-19, serta meminimalisir jumlah pelanggaran dan laka lantas maupun fatalitas korban laka lantas.

“Selain pemantauan dan pencatatan jumlah kendaraan yang melintas, Pospam Mantingan juga menyediakan layanan Vaksinasi, dalam kurun waktu pukul 08.00 sampai 12.00 WIB hari ini jumlah para pelaku perjalanan dalam negeri yang singgah dan bersedia divaksinasi sebanyak 14 orang dengan rincian dosis 1 sebanyak 1 orang, dosis 2 sebanyak 1 orang dan dosis 3 (booster) sebanyak 12 orang,” ujarnya.

PLT Kasi Humas Polres Ngawi ini menambahkan, dari hasil data pencatatan kendaraan yang melintasi di Pospam Mantingan pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2022 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB bahwa jumlah kendaraan masuk Jatim adalah kendaraan pribadi 434, kendaraan umum 25, mobil barang 42, truk 31, bus 8, dan kendaraan roda dua 528 unit. Sedangkan jumlah kendaraan yang keluar Jatim adalah kendaraan pribadi 442, kendaraan umum 25, mobil barang 49, truk 33, bus 14 dan kendaraan roda dua 514 unit.

“Kami menghimbau kepada para pengendara agar lebih hati hati dan waspada serta penuh konsentrasi dalam mengendarai kendaraannya, dan silahkan memanfaatkan layanan Vaksinasi di Pospam Mantingan, jangan paksakan berkendara jika sudah mulai capek dan mengantuk, silahkan istirahat ditempat yang aman,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.