JIS Dirancang untuk Multievent

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Momen Anies menyapa The Jakmania di JIS. Foto: Akun Twitter @aniesbaswedan

JAKARTA, Metasatu.com – Jakarta International Stadium (JIS) tidak hanya digunakan untuk kegiatan olahraga saja. JIS dirancang untuk beragam kegiatan. Mulai dari olahraga hingga seni, sosial dan budaya.

Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui keterangan tertulis jelang laga eksibisi Persija Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

“Dari awal JIS ini dirancang untuk multievent, baik event olahraga, seni, budaya, keagamaan, sosial, itu bisa menggunakan fasilitas ini,” ujar Anies.

Terkait pertandingan eksibisi, Anies menyebut merupakan janji yang sebelumnya dia ungkapkan untuk Persija Jakarta. Janji tersebut berupa pertandingan perdana yang dihadiri oleh para pemain persija dan juga penggemar fanatik mereka, The Jakmania. Selain itu, Janji Anies adalah membuat JIS sebagai kandang dari Persija Jakarta untuk berkompetisi.

“Hari ini adalah hari penting, karena hari ini janji itu dilunasi. Janji untuk membangun stadion bertaraf internasional yang akan bisa digunakan sebagai home based bagi Persija dan juga home based bagi The Jak, di mana kita semua merasa selama bertahun-tahun penantian dalam kesabaran,” ujar Anies.

“Alhamdulillah hari ini dimulai walaupun dalam suasana pandemi, sehingga kapasitas yang bisa digunakan masih terbatas,” lanjut dia.
Kepada The Jakmania Anies meminta secara khusus agar ikut berpartisipasi merawat dan menjaga JIS, terlebih pemanfaatan JIS adalah untuk berbagai event dan dapat digunakan seluruh warga Jakarta.

“Harapannya, stadion nanti bisa dirawat dengan baik, bisa juga digunakan dengan optimal,” ucap dia.

JIS sendiri sudah menggelar beberapa perhelatan meski belum dilakukan peresmian. Pada awal April 2022 misalnya, JIS digunakan sebagai stadion penyelenggaraan International Youth Championship. Kemudian pada 2 Mei, JIS dijadikan tempat berkumpul jamaah umat Islam untuk digelar shalat Idul Fitri 1443 Hijriah yang diikuti ribuan jemaah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.