Jelang Idul Adha Hewan Ternak di Cilacap Aman dari PMK

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
Kasiwan menunjukkan ternak sapi miliknya pada Bupati Cilacap dan rombongan. Foto: pendim/ist

CILACAP, Metasatu.com – Menjelang hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melaksanakan monitoring kesiapan kurban, dan pemotongan hewan kurban di tengah situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Cilacap, Jumat (8/7/2022).

Monitoring dilakukan di salah satu peternakan milik Kasiwan yang beralamat di Jalan Wisata Hutan Payau, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara.

Hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut adalah Dandim 0703 Cilacap yang diwakili Mayor Inf Saeroji, Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, Kepala Dinas Pertanian Susilan, dan unsur Forkopimda lainya.

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kasiwan. Dilanjutkan peninjauan ke kandang sapi miliknya, untuk melihat apakah ada sapi yang terindikasi gejala wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap mengatakan, Pemerintah Kabupaten Cilacap harus memastikan apakah hewan ternak tersebut sehat, baik, dan layak dikonsumsi atau untuk kurban.

“Nanti kalau ada temuan PMK, saya sudah ngomong ke Dinas Pertanian agar bagaimana prosedur hewan ternak yang menjadi kurban tidak boleh dimakan kepala dan kaki-kakinya, dan harus dibuang. Tapi alhamdulillah sudah dipantau hewan kurban di Cilacap kondisinya baik dan sehat. Saya sudah lihat sendiri sapi di tempat bapak Kasiwan semuanya sehat. Mudah-mudahan sampai hari Minggu dan seterusnya tetap sehat,” ucap Tatto di hadapan hadirin.

Tatto lalu menginformasikan, sebanyak 305 ekor ternak terjangkit PMK, 148 ekor berhasil sembuh, sisanya yang tidak sembuh telah disembelih.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Cilacap Susilan menandaskan keamanan hewan ternak itu suatu keharusan.

“Ternak yg digunakan untuk kurban harus aman,” tegasnya pada Metasatu.

Setelah mengunjungi peternakan warga Tritih Kulon, rombongan Bupati bertolak ke Rumah Potong Hewan (RPH) yang berada di Jalan Raya Cilacap-Jeruklegi, Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi.

Kedatangan rombongan disambut oleh Camat Jeruklegi Rosikin, Danramil 02/Jeruklegi Kapten Kav. Nur Sohib Anshori, Kapolsek Jeruklegi Iptu Badrun, Kepala RPH Bayu, Kepala Desa Tritih Wetan Disan, Babinsa Serma Warso, dan Bhabinkamtibmas Aipda Waryanto.

Adapun tujuan rombongan Bupati meninjau tempat tersebut adalah untuk memastikan kesiapan sarana dan prasana tempat pemotongan hewan kurban, menjelang hari raya Idul Adha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.