Jamasan Pusaka Salah Satu Tradisi Hari Jadi Ngawi

Penulis:   Dian  | Editor:  Dian
oleh
Jamasan Pusaka di Pendopo Kab. Ngawi

NGAWI, Metasatu.com- Jamasan Pusaka telah menjadi tradisi setiap tahun dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ngawi yang jatuh setiap tanggal 7 Juli. Kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan ketentraman, keamanan serta kondusifitas sehingga diwujudkan dalam sebuah tradisi yang diadakan pada Selasa (5/7/2022) saat peringatan Hari Jadi Ngawi ke 664 tahun 2022.

Acara yang dilaksanakan di Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi dimulai pukul 13.30 WIB hingga berakhir pukul 16.00 WIB dengan pimpinan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, S.T., M.H. yang didampingi Wabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, M.H., M.Si., Ketua DPRD Kab. Ngawi Heru Kusnindar, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya, S.I.K., M.H., Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf Adi Wirawan, S.Hub.Int., Danyon Armed 12 Kostrad Ngawi Letkol Arm. Didik Kurniawan, S.I.P., Sekda Kab. Ngawi M. Shodiq Triwidiyanto M.Si., Kajari Ngawi Budi Raharjo, S.H., M.H., Kepala OPD Lingkup Pemkab Ngawi, Camat se Kab. Ngawi dan Kabag Sekda Pemkab Ngawi serta sekira 100 undangan.

Acara diawali dengan Pra acara Karawitan Ngujiwat dilanjutkan pambuko dan tarian Serimpi Ngawiyat kemudian prosesi jamasan yang terdiri dari dua prose

Prosesi pertama dimulai dengan mundut pusoko serta lulus pusoko yakni penyerahan pusaka dari Bupati Ngawi kepada Pangasto Pusoko berupa payung Songsong Kyai Tunggul Warono kepada Drs. H. M. Taufik A.S. dan tombak Kyai Singkir diterima oleh Ir. Yusuf Rosyadi. M.Si., dilanjutkan penyerahan pusaka dari Wabup Ngawi kepada Pangasto Pusoko berupa payung Songsong Kyai Tunggul Wulung kepada Idham Karima, S.H., M.Si. dan tombak Kyai Songgo Langit untuk kemudian diserahkan kepada H. Noor Hasan Muntaha, S.T., M.M.

Prosesi kedua yakni Boyong Medal adalah pusaka dibawa dari gedung Pusaka oleh Pangasto Pusoko diiringi Forkompimda menuju Kuncungan Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi, kemudian jamasan diiringi rerepen gending oleh karawitan selanjutnya pusaka dibawa rombongan jeep Trinil Adventure ke gedung pusaka di desa Ngawi Kecamatan Ngawi.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2022 berupa kirap pusaka dari halaman balai desa Ngawi Kecamatan Ngawi ke Pendopo Wedyo Graha Pemkab Ngawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.