Hasil Identifikasi Kecelakaan Bus Ardiansyah, Korban Meninggal 14 Orang

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Proses evakuasi kecelakaan bus Ardiansyah di Tol Sumo. Foto: Ist

MOJOKERTO, Metasatu.com – Kapolres Kota Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan memastikan dari hasil identifikasi korban kecelakaan tunggal bus PO Ardiansyah Nopol S 7322 UW di Tol Surabaya – Mojokerto (Sumo) diketahui 14 penumpang meninggal dunia. Sementara 19 lainnya mengalami luka ringan dan berat.

“Tadi sudah saya konfirmasikan dengan tim dari Dokkes Polda Jatim, dari tim forensiknya, dari tim DVI, kemudian dari RSUD Kota Mojokerto, totalnya ada 14 korban meninggal dunia, kemudian luka berat dan luka ringan ada 19 orang,” kata Rofiq di RSUD Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, Senin (16/5/2022) sore.

Korban meninggal dunia yang sebelumnya berada di beberapa rumah sakit berbeda, dirujuk ke RSUD Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, kemudian diantarkan ke rumah duka di Kota Surabaya.

Seluruh korban berasal dari satu wilayah yakni RT 2 RW 3 Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya. Saat peristiwa naas terjadi, mereka sedang dalam perjalanan pulang setelah liburan ke Yogyakarta. Total ada 31 penumpang, 1 sopir dan 1 sopir cadangan.

Kapolres Mojokerto menambahan, pihaknya masih menunggu hasil analisis dari TAA Direktorat Lalu Lintas, serta keterangan para saksi untuk menentukan kesimpulan penyebab kecelakaan bus Ardinasyah.

Rofiq menambahkan. kecelakaan yang dialami bus Ardiansyah menjadi pembelajaran penting bagi para pengemudi yang melintas di atas jalan tol. Rofiq meminta para pengemudi bisa mengatur waktu istirahat dengan baik dengan memanfaatkan rest area yang tersedia sepanjang jalan tol.

“Banyak rest area yang disiapkan pemerintah, jangan paksakan kalau kondisi sedang lelah. Silahkan ambil waktu walaupun 15 – 30 menit akan cukup mengembalikan kebugaran,” pesan Rofiq.

Diberitakan sebelumnya, pulang dari liburan di Yogyakarta, belasan wisatawan meninggal dunia setelah bus Ardiansyah Nopol S 7322 UW menabrak tiang variable message sign (VMS) di Tol Sumo Mojokerjo, Jawa Timur, Senin (16/5/2022) sekira pukul 06.00 WIB. Kecelakaan tunggal itu diduga akibat sopir mengantuk,

Bus Ardiansyah yang dikemudikan Ade Firmansyah diketahui mengangkut 33 orang (bukan 25 orang seperti berita sebelumnya) yang akan kembali ke Surabaya setelah liburan di Yogyakarta. Sampai di KM 712.400A Tol Sumo, bus tiba-tiba oleng ke kiri sehingga menabrak tiang VMS di kiri jalan tol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.