H-3 Lebaran, Pasar Pronojiwo Ramai Pengunjung

Penulis:   Komariah | Editor:  Komariah
oleh
Pasar Pronojiwo, Lumajang tampak dari depan. Foto : Komariah

LUMAJANG, Metasatu.com — Jelang lebaran 2022, tepatnya H-3, Pasar Pronojiwo ramai dipadati pengunjung untuk berbelanja kebutuhan hari raya yang tersisa beberapa hari lagi. Selain kebutuhan bahan pokok, warga juga membeli kebutuhan sandang.

Pantauan Metasatu, pada Jumat (29/4/2022) pagi sekira pukul 07.30 WIB, di Pasar Pronojiwo di Desa Kalibening, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tampak ratusan kendaraan roda dua terparkir di halaman depan pasar, yang lokasinya bersebelahan dengan terminal bus Pronojiwo.

Selain terparkir di halaman depan, deretan motor juga tampak dipakir di samping kiri dan di ruas jalan umum di samping lokasi pasar. Sehingga kendaraan roda empat seperti truk yang hendak melalui jalan umum tersebut harus berjalan pelan dan berhati – hati.

Ramainya pengunjung pasar menyambut moment jelang lebaran semakin terasa saat Metasatu memasuki setiap lorong pasar tersebut.

Tampak beberapa pengunjung melakukan transaksi jual beli di kios pakaian, serta melakukan tawar menawar di beberapa kios lainnya.

Selain kios pakaian, kios kebutuhan daging, tempat selep atau penggilingan daging juga tak luput disatroni pengunjung.

Andi (48), penjual daging sapi di pasar tersebut mengatakan bahwa pasar sudah dipadati pengunjung sejak sehari lalu.

“Dari kemarin, waktu hari Kamis sudah ramai. Sejak awal puasa juga ramai sih, tapi sepi lagi pada pertengahan puasa. Nah, kemarin sudah ramai lagi. Puncaknya hari Minggu nanti kalo nggak salah,”ujarnya kepada Metasatu, Jumat (29/4/2022).

Disinggung mengenai harga, Andi menyebutkan, saat ini harga daging sapi, sudah mulai naik dibanding beberapa hari lalu.

“Sekarang perkilonya Rp.120 ribu, sebelumnya, dua hari lalu masih Rp. 105 ribu, itu untuk daging yang super yang biasanya untuk bakso. Kalau untuk daging yang biasa, 115 ribu,” jelas Andi.

Tidak hanya kebutuhan daging saja yang mengalami kenaikan harga, jelang lebaran yang tersisa beberapa hari lagi, harga-harga bahan pokok di pasar Pronojiwo mulai merangkak naik. Bahkan ada beberapa komoditi mengalami kenaikan harga yang cukup drastis.

Salah seorang penjual bahan pokok, Kapri (40) menyebutkan di H-3 saat ini harga cabai merah perkilonya Rp. 40 ribu per kilo, yang sebelumnya Rp. 24 ribu per kilo.

Cabe rawit dengan harga Rp. 40 ribu per kilo, yang sebelumnya Rp. 20 ribu per kilo.

Kemudian harga bawang merah Rp.35 ribu per kilo, sebelumnya Rp. 24 ribu per kilo.

Sementara itu, lanjut Kapri, untuk harga kebutuhan pokok seperti telor masih stabil.

“Harga telur masih stabil, Rp. 25 ribu per kilo. Sedangkan harga bawang putih lagi turun, Mbak, yaitu 25 ribu per kilo, yang sebelumnya Rp. 28 ribu per kilo,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.