Final Piala Thomas & Uber Tanpa Tuan Rumah Thailand

Penulis:   Sutiono Gunadi | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Shesar Hiren Rhustavito. Foto: ist

JAKARTA, Metasatu.com – Gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 memasuki babak final. Thailand yang memiliki kekuatan merata dan bertindak selaku tuan rumah ternyata tidak mampu berbicara banyak di pentas kejuaran bulu tangkis beregu tertua di dunia ini.

Di babak semi final Piala Uber, Ratchanok Intanon dkk, dipermalu tim China  dengan skor 3-0, Dua andalan Thailnad Ratchanok dan Pornpawee Chochuwong tidak mampu menjawab ekspektasi pendukungnya yang memadati stadion Impact Arena, Bangkok, Jumat (13/5/2022) pagi.

Hal yang sama dialami tim Uber Jepang. Akane Yamaguchi menyerah kepada musuh abadinya sekaligus andalan Korea Selatan, An Seyoung melalui rubber game 21-15, 18-21 dan 18-21. Pemain peringkat 1 dunia itu, sebelumnya juga kalah dari pemain muda Indonesia, Bilqis Prasista di babak perempat final.

Kekalahan Akane atas An Seyoung yang berperingakt 3 dunia, menjadi awal malapateka Jepang karena ganda terbaiknya, Nami Matsuyama/Chiharu Shida juga takluk di tangan Lee Sohee/Shin Seungchan dengan skor 16-21 dan 17-21. Tim Uber Jepang mengemas koper setelah ganda kedua, Nozomi Okuhara menyerah kepada Kim Ga Eun dengan skor 21-12, 11-21 dan 21-16.

Sementara tim Thomas Thailand lebih menyedihkan karena tersingkir di babak penyisihan grup.

Thomas Cup

di tempat yang sama, tim Thomas Indoensia melaju ke babak final setelah berhasil menyudahi perlawan Jepang. Bermain meyakinkan dengan mengantongi 2 kemenangan di partai tunggal dan ganda, Indonesia harus melalui pertandingan kelima setelah Jepang berhasil menyabet dua nomor berikutnya.

Kemenangan Indoensia dibuka oleh tunggal pertama Anthony Sinisuka Ginting atas Kento Momota melalui rubber game 21-21-1314-21, 21-12.

Indonesia di atas angin ketika ganda putra yang baru dipasangkan, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil meraih kemenangan dramatis atas pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 22-20, 8-21, dan 24-22.

Namun Indonesia harus menunda pesta ketika Jonatan Christie kalah dari Kenta Nishimoto di partai ketiga dua set langsung 20-22, 13-21 dalam waktu 57 menit.

Indonesia semakin tertekan ketika ganda kedua indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipaksa menyerah kepada pasangan Akira Koga/Yuta Watanabe dengan skor 14-21, 21-13, 18-21.

Tim Thomas Indonesia baru bisa memastikan tiket ke final setelah memenangi partai kelima. Shesar Hiren Rhustavito yang bermain cukup tenang berhasil mengalahkan Kodai Naraoka, Jumat  malam.

Vito menang dua gim langsung atas Kodai dengan skor 21-17, 21-7.

Di partai final, Indonesia akan bertemu India yang sukses menumbangkan Denmark melalui pertandingan lima partai dengan skor akhir 3-2. Partai final Thomas Cup dimainkan Minggu, 15 Mei 2022 di Impact Arena, Bangkok. Namun sebelumnya digelar pertandingan untuk memperebutkan Piala Uber antara China menghadapi Korea Selatan, Sabtu (14/5/2022) mulai pukul 13.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.