Di 11 Daerah Ini Masyarakat Wajib Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Ilustrasi BBM. Foto: ist

JAKARTA, Metasatu.com – Usai pembelian minyak goreng diatur dengan aplikasi Pedulilindungi, kini masyarakat juga harus terdaftar di aplikasi MyPertamina agar bisa beli pertalite dan solar. Pertamina, melalui PT Pertamina Patra Niaga akan melakukan uji coba mulai 1 Juli 2022.

Tujuan penggunaan aplikasi MyPertamina, menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, untuk mengatur kuota dan segmentasi pemakai BBM Subsidi.

Menurut Nasution, saat ini masih banyak konsumen yang tak berhak mengonsumsi Pertalite dan Solar. Jika tidak diatur, besar potensi kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

Sistem di aplikasi MyPertamina akan membantu mencocokkan data pengguna. Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail.

Setelah mendaftar calon pembeli akan mendapat QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli pertalite dan solar.

Namun kewajiban penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian Solar dan Pertalite dilakukan secara bertahap alias tidak serta-merta diterapkan di seluruh Indonesia.

Untuk tahap pertama atau per 1 Juli 2022, penerapan distribusi BBM terbaru ini akan diberlakukan di 11 daerah di lima provinsi. Baru setelahnya akan mulai diperluas ke daerah lainnya.

Dikutip dari laman https://subsiditepat.mypertamina.id/, Selasa (28/6/2022), berikut ini daftar 11 daerah kabupaten/kota yang diwajibkan menggunakan MyPertamina dalam pembelian BBM Solar dan Pertalite:

  1. Kota Bukit Tinggi
  2. Kabupaten Agam
  3. Kabupaten Padang Panjang
  4. Kabupaten Tanah Datar
  5. Kota Banjarmasin
  6. Kota Bandung
  7. Kota Tasikmalaya
  8. Kabupaten Ciamis
  9. Kota Manado
  10. Kota Yogyakarta
  11. Kota Sukabumi

Dalam keterangan resminya, Pertamina mengimbau masyarakat pengguna BBM Pertalite dan Solar sesuai kriteria di 11 daerah tersebut untuk segera melakukan pendaftaran secara online.

Pendaftaran tidak hanya berlaku untuk warga setempat, namun juga konsumen dari luar yang datang ke 11 daerah tersebut.

Untuk mendaftar MyPertamina, silakan klik tautan ini.

Cara Mendaftar

Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya

Buka website subsiditepat.mypertamina.id

Centang informasi memahami persyaratan

Klik daftar sekarang Ikuti instruksi dalam website tersebut

Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.