Desa Tritih Lor Cilacap Didapuk Sebagai Kampung Pancasila

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita Fetty Utami
oleh
Rombongan berjalan menuju gapura Kampung Pancasila. Foto: ist

CILACAP, Metasatu.com — Balai Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap menjadi saksi pencanangan Desa Tritih Lor sebagai Kampung Pancasila, Rabu (12/05/2022). Pencanangan dilakukan oleh Koramil 02/Jeruklegi dan Kodim 0703/Cilacap.

Danramil 02/Jeruklegi Kapten Kav. Nur Sohib Ansori mengatakan, salah satu tujuan pencanangan Kampung Pancasila adalah untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme.

“Desa Tritih Lor merupakan salah satu desa yang memenuhi kriteria untuk dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Untuk itu saya merasa nyakin dan optimis akan sukses dalam pelaksanaannya,” ucap Nur Sohib Ansori.

Sedangkan Kades Tritih Lor Sujud mengaku bersyukur dan bangga, desanya dipercaya sebagai pionir dalam implementasi pelaksanaan Pancasila.

“Atas nama Pemerintah Desa Tritih Lor kami merasa bangga dengan semangat seluruh perangkat, dan warga Tritih Lor pada umumnya,” ujar Sujud.

Camat Jeruklegi Rosikin turut mengucapkan terima kasih kepada Kades beserta perangkatnya, karena sudah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kampung Pancasila.

Rosikin mengungkapkan salah satu alasan penunjukan Desa Tritih Lor ialah karena jiwa semangat Kades beserta perangkatnya begitu membara untuk menumbuhkan jiwa patriotisme.

Pencanangan Kampung Pancasila diakhiri dengan pemukulan gong oleh Camat Jeruklegi didampingi Forkopincam, dan perwakilan tokoh agama setempat. Setelah itu dilakukan peninjauan ke Gapura Kampung Pancasila yang ada dijalan Cempaka.

Selamat (60) salah satu warga desa mengaku antusias dengan pencanangan Kampung Pancasila tersebut.

“Pokoknya NKRI harga mati,” serunya pada awak media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.