Desa Loram Wetan Kudus Adakan Study Tiru, Ini Mimpinya

Penulis:   Supriyono Tabri | Editor:  Riyo Tb
oleh
Rombongan Pemerintah Desa Loram Wetan mendengarkan penjelasan dari pengurus bank sampah Muria berseri.foto:Supri

KUDUS, Metasatu.com – Tujuan utama pengelolaan sampah yang ramah lingkungan adalah wajib diawali oleh perubahan cara kita memperlakukan sampah. Saat ini sudah saatnya memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan.

Atas dasar itulah Pemerintah Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus mengadakan”study tiru” di Perumahan Muria Indah yang berada di Kecamatan Bae Kudus ,Kamis(23/6/22).

Bukan tanpa alasan dipilihnya Bank sampah Muria Berseri sebagai tempat study tiru oleh Pemerintah Desa Loram Wetan.

Menurut Tatik Wijayanti, salah satu pengurus Bank Sampah Desa Loram Wetan Kudus, Bank Sampah Muria Asri yang ada di Perumahan itu telah berhasil mengelolah sampah yang baik. “Baik itu sampah organik maupun anorganik”terang Tatik.

Tatik berharap hasil dari Study tiru ini akan diterapkan di Desannya.”Impian saya adalah agar sampah dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi warga,selain itu tujuan kunjungan kami kesini adalah menjadikan Bank Sampah sebagai sarana pengembangan literasi berbasis Inklusi Sosial.”

Perlu diketahui saat ini Pemerintah Desa Loram Wetan tengah giat giatnya merintis pembangunan perpustakaan desa yang sumbernya dari hasil pengelolaan sampah. “Selain itu pemerintah desa juga menggandeng perusahaan PT. Nojorono untuk dijadikan mitra pendamping yang memberikan kontribusi dan prasarana kegiatan kami,” pungkas Tatik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.