Dari Hobi, Pemuda Wonogiri Sukses Kembangkan Usaha Ikan Hias

Penulis:   Katman | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Ilustrasi ikan hias. Foto: Ist

WONOGIRI, Metasatu.com – Pernah menghabiskan banyak biaya untuk hobi, Aris (40), warga Desa Ngulu Wetan Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri menemukan ide usaha karena hobinya. Berawal dari kesenangan memelihara berbagai jenis ikan dalam akuarium, dia jadi belajar cara perawatan ikan hias dan dekorasi akuarium.

“Ikan hias ini banyak peminatnya. Setiap hari pasti ada yang mencari, tak kenal musim. Mereka datang sendiri ke sini untuk memilih jenis ikan yang diinginkan,” kata Aris di tokonya, Rabu (2/3/2022)

Saat ini, Aris Memiliki usaha berdagang ikan hias. Ikan warna-warni berukuran kecil hingga sedang, mengisi akuarium yang berjajar dalam toko yang menyatu dengan rumah tinggalnya. Selain menyediakan berbagai jenis ikan hias seperti Koi, Koki, Komet dan lain-lain, Aris juga menyediakan berbagai aksesori akuarium dan pakan ikan bermacam-macam merek.

“Kendalanya paling di air sama harus diperhatikan suhunya karena kalau berubah, berpengaruh terhadap ikan. Kalau airnya terlalu dingin bisa dikasih heater,” terang Aris.

Sebelum memulai usaha ikan hias ini, Aris berjualan ikan lele konsumsi, lalu beralih berdagang ikan karamba dari Waduk Gajah Mungkur. Sampai akhirnya seorang teman menawari modal untuk membuka usaha. Aris kemudian berbisnis ikan hias dan kini sudah berjalan selama tujuh tahun.

Setelah usaha ikan hiasnya mulai stabil, Aris kembali menambah segmen usaha dengan ikan lele konsumsi. Pembeli dipastikan mendapat ikan konsumsi yang masih segar, karena ikan-ikan tersebut dipelihara hidup-hidup dalam kolam yang berdampingan dengan toko ikan hiasnya.

Aris berharap pemerintah mengadakan pelatihan kewirausahaan agar para pemuda semakin produktif dan kreatif. Aris juga menginspirasi pemuda-pemuda lain untuk memanfaatkan setiap peluang sebaik-baiknya.

“Selama ini kan, kebanyakan belajar wirausaha secara autodidak. Dengan diberikan pelatihan, maka pengetahuan dan keterampilan semakin terasah,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.