Dari Ajang Inacraft Produk UMKM Tanggamus Menembus Pasar Nasional

Penulis:   Komariah | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Presiden Joko Widodo berkunjung ke stan pameran produk UMKM Tanggamus di ajang Inacraft 2022. Foto: Ist

Bersaing di Tingkat Nasional, Dekranasda Promosikan Produk UMKM Tanggamus di Ajang Inacraft 2022

TANGGAMUS, Metasatu.com — Di ajang The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 yang digelar sejak tanggal 23 Maret lalu, produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tanggamus banyak mendapat perhatian di tingkat nasional. Untuk itu, Pemkab Tanggamus bertekad akan terus mencari peluang untuk memasarkan produk-produk unggulan UMKM Tanggamus dengan melibatkan seluruh stakholder.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Heri Haryadi  terkait kunjungannya di ajang Inacraft 2022.

“Kami meyakini produk UMKM yang diproduksi masyarakat Tanggamus mampu bersaing di pasar produk Indonesia. Tentunya, nanti akan terus dilakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM untuk semakin meningkatkan kualitas produksinya,” tegas Heri, kepada Metasatu melalui sambungan telepon, Sabtu (26/3/2022).

Seperti diketahui, Dekranasda Tanggamus turut mempromosikan produk UMKM Kabupaten Tanggamus di ajang Inacraft 2022, yang diselenggarakan pada tanggal 23 -27 Maret 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Inacraft sendiri adalah ajang pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, yang diselenggarakan oleh Association of Eksporter and Producer of Indonesian Handycraft (ASEPIH) yang merupakan wadah bagi produsen dan eksportir handicraft Indonesia atau yang dikenal Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut turut mendampingi Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Nur’aini Hamid Lubis, Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Retno Noviana dan Kepala Dinas Koperindag Tanggamus Hery Heriadi, serta para pengrajin dan jajaran pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten.

Ketua Dekranasda Tanggamus Nur’aini Hamid Lubis mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi dan UMKM Tanggamus, membawa berbagai jenis produk unggulan yang dikemas dan diproduksi oleh para pelaku UMKM di Tanggamus.

Menurut Nur’aini, ikut sertanya tim dari Tanggamus bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan yang ada di Tanggamus, supaya mampu bersaing dengan produk-produk UMKM lainnya di Indonesia.

Selanjutnya, Nur’ aini menyampaikan, produk unggulan yang dipromosikan di Stand Dekranasda Tanggamus yakni kerajinan tapis, lukisan bakar serta tas kulit yang dikombinasi dengan tapis khas Tanggamus.

Selain itu turut dibawa juga produk olahan limbah plastik dan ekraf yang diproduksi oleh para pelaku UMKM Recycling Village Kabupaten Tanggamus. Ada juga produk kerajinan tangan, seperti kain tenun Tanggamus dan handicraft lainnya.

Lebih lanjut Nur’aini mengatakan, dengan ikut sertanya tim dari Tanggamus di Ajang Inacraft Tahun 2022, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pelaku UMKM di Tanggamus untuk terus kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan serta memasarkan produk unggulannya.

“Ini moment bagi Tanggamus, untuk bisa bersaing memasarkan produk-produk unggulannya di tingkat Nasional,” ujar Nur’aini, Jumat (25/3/2022).

Nur’aini berharap ke depannya para pelaku UMKM di Tanggamus agar meningkatkan kualitas produknya dengan baik, sehingga masyarakat Tanggamus umumnya bisa dapat mencintai produk unggulan karya masyarakat Tanggamus itu sendiri.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk kita sendiri. Itu akan memajukan para pelaku UMKM dan meningkatkan perekonomian masyarakat Tanggamus,” tutup Nur’aini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.