Daftar Petinju Indonesia yang Meninggal Usai Bertanding

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Hero Tito dalam sebuah pertandingan. Foto: Ist

JAKARTA, Metasatu.com – Kematian petinju profesional Hero Tito menambahkan daftar panjang petinju Indonesia yang meninggal usai bertanding. Faktor keselamatan pertinju dalam pertandingan pun menjadi sorotan tajam.

Seperti diketahui Hero Tito tak sadarkan diri setelah mendapat pukulan upper cut dalam pertandingan melawan James Mokoginta, 27 Februari 2022 di Holywings Gatsu Club V. Sempat mendapat perawatan, Hero Tito menghembuskan nafas terakhir Kamis, 3 Maret 2022,

Kepergian Hero Tito menambah daftar panjang petinju Tanah Air yang meninggal setelah bertanding. Berikut daftar nama-nama petinju Indonesia yang meninggal setelah bertanding.

  1. Tubagus Setia Sakti

Pada 27 Januari 2013 lalu, petinju profesional asal Indonesia, Tubagus Setia Sakti, meninggal dunia pasca bertanding melawan Ical Tobida. Dari hasil pertandingan itu, Tubagus Setia Sakti kalah TKO ronde 8 pada 26 Januari 2013. Diketahui, Tubagus mengalami pendarahan otak dan dinyatakan meninggal dunia keesokan harinya di Rumah Saki UKI, Cawang, Jakarta.

 

  1. Oxon Palue

Oxon Palue menjadi petinju Tanah Air berikutnya yang meninggal setelah pertandingan. Saat itu, Oxon bertandung dengan Gerry Gio Toisuta dengan hasil seri 8 ronde. Setelah itu, Oxon sempat mengeluh karena keram kaki yang dialaminya pasca pertandingan. Pada 20 November 2012, Oxon dinyatakan meninggal dunia.

 

  1. Affrizal Cotto

Petinju dengan nama lengkap Muhammad Afrizal juga mengalami pendarahan otak setelah bertanding melawan Irvan Barita Marbun. Dalam pertandingan tersebut, Affrizal kalah angka mutlak terhadap lawannya. Sebelumnya, Affrizal sempat dioperasi bagian kepala akibat pendarahan otak yang dialaminya. Pada 4 November 2012, Affrizal dinyatakan meninggal dunia.

 

  1. Anis Dwi Mulya

Anis Dwi Mulya menjadi petinju berikutnya yang meninggal setelah bertanding. Pada 15 Maret 2007, Anis melakukan pertandingan melawan Irvan Bone dan kalah TKO ronde 6. Lima hari setelahnya, Anis dinyatakan meninggal dunia, tepatnya pada 5 Maret 2007.

 

  1. Hendrik Bira

Hendrik Bira menjadi petinju tanah air berikutnya yang wafat setelah pertandingan. Hendrik wafat pada 5 Maret 2005. Sebelumnya, Hendrik bertanding melawan Mones Arepas dengan hasil Hendrik kalah TKO ronde 3 pada 3 Maret 2005

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.