Cilacap Jadi Saksi Event Trail Nasional

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
Trek ekstrem di Jambu Sari. Foto: Ganda/ist

CILACAP, Metasatu.com — Hiu Selatan sebagai klub trail adventure ternama di Cilacap bekerja sama dengan Enduro, kembali menggelar event trail adventure tahunan bertajuk Penobatan Gelar Raja Tanjakan 2022 dan Enduro Race selama 2 hari, Sabtu-Minggu (28-29 Mei 2022), di lapangan Jambu Sari Kecamatan Jeruklegi.

Hadir dalam acara pembukaan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro, Pembina Klub Hiu Selatan Law Agwan, Ketua Klub Hiu Selatan Lukman Hakim, pebalap (rider) Graham Peter Jarvis asal Inggris, Mario Roman asal Spanyol, serta tamu undangan lainnya.

Ganjar dalam sambutannya menyatakan apresiasinya terhadap gelaran tersebut. Ia berharap kehadiran para rider mancanegara, dapat menginspirasi pebalap Indonesia

“Mudah-mudahan men-trigger karena kelasnya tidak nasional. Beberapa off roader, trabaser-trabaser dari banyak negara ikut hadir. Juara dunianya juga hadir menyemangati,” kata Ganjar.

Selain itu Ganjar berharap hal ini akan menambah geliat pariwisata di Cilacap. Dengan catatan pengelolaannya harus bagus dan lebih rapi. Karena tidak menutup kemungkinan kelak bisa menjadi agenda nasional.

Law Agwam selaku pembina klub menyatakan, ini adalah kali ketiga Penobatan Gelar Raja Tanjakan berhasil diadakan semenjak tahun 2020.

Ia menyebutkan untuk gelaran tahun ini selain hadiah yang dijanjikan lebih besar dari sebelumnya, juga menghadirkan beberapa rider kelas dunia. Mereka adalah Graham Peter Jarvis (Inggris) juara dunia Enduro kelahiran Yorkshire tahun 1975, Steven Beddows rekan senegaranya.

Selanjutnya Daryoush Ghorbani (Italy), serta 3 riders Spanyol, yakni Mario Roman Serrano, Joel Gomez Aljama dan Eloi Salsench Constancia.

Sedangkan dua orang lagi datang dari Turkey, yaitu Huseyin Oz dan Ahyan Cavus.

Sementara itu Kapolres Cilacap terlihat mengikuti event hari pertama, bersama ratusan peserta lainnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, panitia menggelar 2 jenis event dalam dua hari tersebut yakni Private dan Reguler.

Untuk event Private uang pendaftarannya Rp 1,5 juta, start dan finish di Lapangan Jambu Sari. Sedangkan jenis Reguler uang pendaftarannya Rp 175 ribu, start dan finish di Gunung Randu, serta Citepus.

Panitia telah menyediakan hadiah spektakuler. Mulai hadiah utama 1 unit mobil New Agya, 10 unit motor, 10 sepeda, 10 mini motocross, 10 kulkas dan 10 mesin cuci. Juara Tanjakan sendiri bisa mengantongi hadiah uang tunai Rp.15 juta.

Ganda Yudha Permana salah satu tim pengawal Jarvis dan Mario Roman mengatakan, jumlah peserta event Reguler lebih besar dari Private.

“Private 800 peserta, Reguler lebih dari itu, mungkin 10 ribu. Penonton masuk area menonton tidak perlu bayar,” katanya pada Metasatu, Sabtu (28/5/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.