Bupati Lumajang Sebut Jalur Tambang Pasir Tanggung Jawab Pemilik IUP

Penulis:   Shinta Dewi | Editor:  Shinta Dewi
oleh
Suasana diskusi para penambang, sopir truk tambang pasir dan Pemkab Lumajang di halaman Kantor Pemkab Lumajang, Senin (26/9/2022).

LUMAJANG, Metasatu.com — Solusi permasalahan jalan tambang pasir di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah diputuskan bersama oleh Forkopimda Kabupaten Lumajang dan seluruh pelaku usaha pertambangan pasir, mulai dari pemilik izin tambang, sampai pemilik armada truk pasir maupun sopirnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa jalan tambang bukan menjadi kewajiban dari pemerintah, dan itu bukan aset dari Pemkab Lumajang. Dia menyebutkan bahwa untuk pembiayaan pembangunan jalan tambang pasir adalah swakelola atau swadaya yang menjadi tanggung jawab dari para pemilik izin usaha pertambangan (IUP).

“Kita perkenankan dengan argumentasi bahwa, itu iuran dari mereka atas kesepakatan bersama. Jadi, nantinya hasil pemungutan iuran dari semua truk pasir itu dipergunakan untuk perbaikan jalan khusus tambang pasir,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat berdiskusi dengan perwakilan pendemo dari Paguyuban Sopir Truk Angkutan Material Candipuro (PSTAMC), di halaman Kantor Bupati Lumajang, Senin (26/9/2022).

Cak Thoriq juga meminta kepada para penambang pasir, apabila jalan tambang telah selesai dibangun, semua pemilik armada truk pasir harus melewati jalan khusus tambang, karena jalan desa yang telah diperbaiki oleh pemerintah tidak boleh dilewati.

“Kemudian, untuk armada truk pasir yang sedang muat agar menutupi dengan terpal,” pintanya.

Di akhir diskusi Bupati menyampaikan terima kasihnya atas iktikad baik dari paguyuban tambang pasir yang menggelar aksi unjuk rasa dengan kondusif.

“Terima kasih atas aspirasi yang telah diberikan kepada kami. Saya, Kapolres dan Dandim akan mengkomunikasikan lebih lanjut terkait permasalahan pertambangan pasir di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *