Bupati Cilacap Tekankan Netralitas Aparat dalam Pilkades Serentak

Penulis:   Gita Fetty Utami | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Apel pengamanan Pilkades Serentak di Cilacap. Foto: Ist

CILACAP, Metasatu.com – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta personil Polri, TNI dan aparat pemerintah yang terlibat dalam pengamanan bersikap profesional dan netral. Tidak memihak atau mendukung salah satu calon kepala desa baik dalam bentuk ucapan maupun tindakan selama berlangsungnya pemilihan kepala desa (Pilkades).

“Untuk anggota TNI, Polri, dan aparat pemerintah yang terbukti melanggar netralitas akan ada sanksi tegas. Perlu diingat, tugas kita di sini adalah mengamankan jalannya pemungutan suara sesuai dengan cara bertindak, serta protap yang telah ditentukan dan diatur oleh masing masing kesatuan,” ujar Bupati Tatto ketika memberikan sambutan dalam apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak, Sabtu (26/3/2022), di Alun-alun Cilacap.

Sebagaimana dijadwalkan, Pilkades Tahap 1 akan dilaksanakan Senin (28/3/2022) mendatang di 44 desa dari 18 kecamatan. Dari data yang tercatat di Pemkab, ada 516 TPS dengan 226.988 orang pemilih terdaftar.

Bupati berpesan kepada seluruh anggota Polri dan petugas keamanan untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan sebaik-baiknya, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkades.

“Kegiatan pengamanan tidak berhenti sampai masa pemungutan suara saja, namun pasca pemungutan suara hingga pelantikan selesai,” tegas Bupati.

Kasi Humas Polres Cilacap Iptu Gatot Tri Hartanto, SH., menerangkan pada awak media, untuk pengamanan Pilkades pihak Polres Cilacap menerjunkan 611 personil dan 1.022 BKO Linmas Pemkab Cilacap.

“Tentunya juga dibantu oleh TNI, petugas SatPol PP, dan petugas TPS,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.