Buka Jalur Wisata TMMD Sengkuyung Tahap I Telan Anggaran Rp. 697 Juta

Penulis:   Penulis : Pradjna Buntarti | Editor:  Editor : Pradjna Buntarti
oleh
Sekretaris Desa Tanalum saat kegiatan pembukaan TMMD Sengkuyung di Pendopo Dipokusumo. Foto: Humas Pemda

PURBALINGGA, Metasatu.com-Dalam rangka untuk mendukung kemajuan pembangunan desa di wilayah Kabupaten Purbalingga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mendapat dukungan dari TNI melalui Kodim 0702 Purbalingga dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Pembukaan TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2022 dilaksanakan di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Rabu (11/5/2022), yang dihadiri oleh Bupati Purbalingga, Wakil Bupati Purbalingga, Komandan Kodim 0702 Purbalingga, Forkopimda, Sekda dan para asistennya, staf ahli bupati, para kepala OPD terkait, pimpinan BUMD Purbalingga, Ketua PMI Purbalingga, Ketua Baznas Purbalingga, Forkopimcam Rembang, dan Kepala Desa Tanalum Kecamatan Rembang.

Dalam laporannya, Kapten Wahyudi dari Kodim 0702 Purbalingga menyampaikan bahwa sasaran TMMD tahun 2022 antara lain pembangunan jalan makadam, gorong-gorong, rabat beton, talud, dan jembatan di desa Tanalum Kecamatan Rembang Purbalingga.
Adapun anggaran untuk TMMD tahun ini mencapai total Rp.697 juta yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp.256 juta dan APBD Kabupaten Purbalingga sebesar Rp.441 juta.

Pada acara yang dimulai pukul 9 pagi ini, disampaikan juga beberapa bantuan, seperti untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Baznas, RTLH dari PMI, bantuan berupa 50 sak semen dari Bank Artha Perwira yang diterima oleh Kepala Desa Tanalum, dan santunan untuk 30 anak yatim-piatu sebesar Rp.250 ribu  per anak. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ, MM., menyampaikan terima kasih kepada Komandan Kodim beserta seluruh jajaran Kodim 0702 Purbalingga yang telah bersinergi dengan pemerintah Daerah Purbalingga. Dan Bupati juga berharap TMMD tahun 2022 bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi warga Desa Tanalum Kecamatan Rembang.

“Mudah-mudahan TMMD Sengkuyung tahap pertama ini di Desa Tanalum bisa berjalan dengan lancar dan hasil yang nanti akan dikerjakan sudah barang tentu harapannya bisa memberikan manfaat bagi warga masyarakat yang ada di Desa Tanalum,” kata Bupati

Bupati menambahkan, tentunya kepada seluruh masyarakat yang ada di Desa Tanalum untuk membantu pelaksanaan TMMD ini, dan bisa bersinergi dengan unsur TNI-Polri, agar tentunya pelaksanaan TMMD ini agar bisa berjalan dengan baik.

Sekretaris Desa Tanalum, Taat Prianto mengungkapkan lokasi pembukan jalan ini dimulai dari Dusun 3 RT. 05 RW. 03 tembus ke Desa Makam. Kondisi saat ini masih berupa jalan tanah yang baru dibuka.

“Jalan ini merupakan akses ekonomi masyarakat, disamping itu juga jalur wisata karena di sana ada objek wisata Curug Kali Karang. Sehingga ini nantinya bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Tidak hanya Tanalum-Makam, akses jalan baru ini juga menurutnya bisa tembus ke Desa Sumampir. Melalui TMMD ini harapannya ada perkuatan jalan dan mempermudah akses masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.