Bantuan Sembako Korban Puting Beliung Ditahan di Posko Bencana

Penulis:   NEP | Editor:  Naim Emel Prahana
oleh
Rumah warga tertimpa pohon akibat angin puting beliung. Foto: Ist

WAY JEPARA, Metasatu.com – Bantuan kepada korban bencana alam puting beliung di Desa Braja Fajar, Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur yang terjadi Rabu, 23 Februari 2022 sampai berita ini diturunkan belum disalurkan (masih ditahan) di rumah Posko Bencana Alam Desa Braja Fajar.

Bencana alam puting beliung di Desa Braja Fajar telah memporakporanda sedikit 10 (sepuluh) rumah penduduk. Pada hari keempat usai bencana Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Pemkab Lamtim) baru memberikan respon.

Bupati Lamtim, Dawam Rahardjo dan wagub Lampung, Ny Chusnunia Chalim saat mendatangi desa Braja Fajar (28/2) didampingi Camat Way Jepara, Untung Supeno melakukan silaturrahmi dengan warga korban bencana alam.

Wagub Lampung maupun Bupati Lamtim ketika bertemu warga terdampak bencana memberikan bantuan Tali Asih berupa sembilan kebutuhan pangan (Sembako) yang langsung ditempatkan di rumah Posko Penanganan bencana di Desa Braja Fajar.

Sayangnya, sampai Kamis (3/3) bantuan sembako yang berada di Posko Penanganan bencana di Desa Braja Fajar belum disalurkan kepada yang berhak menerima. Tak urung korban mencana alam bertanya-tanya.

Salah satu korban bencana alam puting beliung, Samsuri kepada metasatu.com menyatakan dirinya dan keluarga belum menerima bantuan Sembako.

“Jangankan sembako satu bungkus mie saja belum ada yang saya terima,” jelas Samsuri.

Bukan hanya Samsuri yang tidak menerima bantuan sembako yang sudah ada, tetapi keluarga terdampak bencana alamlainnya, juga belum menerima.

Ketika dikonfirmasi kepada Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Lampung Timur, Rana Deya ZA mengungkapkan  setiap bantuan korban terdampak bencana alam harus segara didistribusi. “Sesegera mungkin untuk dibagikan,” tegas Rana saat memberikan keterangan via WhatsApp.

Hal senada dikatakan Camat Way Jepara, Untung Supeno yang kaget mendapat kabar bantuan sembako belum dibagikan.

“Saya kira sudah dibagi bagikan kepada yang berhak menerimanya, warga  terdampak bencana alam,” ujar Untung.

Seraya menambahkan, karena kalau tak salah, dalam sambutan Bupati telah jelas bahwa bantuan sembako secepatnya dibagikan.

Namun, Kades Braja Fajar, Lasimin sampai berita ini diturunkan belum berhasil diminta keterangan, karena selalu tidak ada di rumah kediamannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.